Di Hadapan DPR, Jokowi Tegaskan Komitmen Dukung KPK Berantas Korupsi

Ameidyo Daud Nasution
16 Agustus 2017, 13:09
Jokowi Di DPR/MPR
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo (tengah) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (ketiga kanan) bersama para pimpinan tinggi lembaga negara berfoto bersama saat menghadiri pembukaan Sidang Tahunan MPR Tahun 2017 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan komitmennya dalam memerangi korupsi dan memperkuat Komisi Pemberantasan Korupsi. Jokowi menyampaikan komitmennya ddalam pidato sidang tahunan bersama DPR dan DPD.

Jokowi mengatakan tindak pidana korupsi merupakan salah satu penggerus daya saing Indonesia. Daya saing yang lebih baik, kata dia, diperlukan untuk menjadi bangsa maju.

"Kita akan menjadi bangsa maju yang diperhitungkan oleh bangsa-bangsa lain di dunia apabila kita memiliki daya saing. Salah satu penggerus daya saing kita adalah korupsi. Ini musuh kita bersama," kata Jokowi di kompleks parlemen, Rabu (16/8).

Jokowi mengajak semua pihak untuk bersama-sama memerangi korupsi. "Pemerintah mendukung setiap usaha, dari semua pihak, dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi serta memperkuat KPK," kata Jokowi.

(Baca: Berpakaian Adat, Presiden Jokowi Tuai Pujian di Sidang Tahunan MPR)

DPR saat ini mendapat sorotan karena menggulirkan hak angket atau hak penyelidikan terhadap KPK. Banyak pihak menilai, angket tersebut adalah upaya untuk melemahkan lembaga antirasuah tersebut.

Selain lewat pemberantasan korupsi, Jokowi mengatakan peningkatan daya saing dengan mengantisipasi perubahan dunia yang sangat cepat dan serba digital.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...