Jokowi Jelaskan Alasan Gencar Bangun Infrastruktur di Sidang DPR

Ameidyo Daud Nasution
Oleh Ameidyo Daud Nasution - Yuliawati
16 Agustus 2017, 12:42
Jokowi Di DPR/MPR
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla (kanan) dan bersama menteri Kabinet Kerja menghadiri Sidang Tahunan MPR Tahun 2017 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8).

Presiden Joko Widodo menyatakan pemerintah gencar membangun berbagai proyek infratruktur untuk menjaga perekonomian nasional. Dia mengatakan pembangunan infrastruktur diperlukan karena Indonesia tak dapat mengandalkan semata kegiatan ekonomi dari sumber daya alam.

“Setelah selesainya booming migas di tahun 1970an, selesainya booming kayu di tahun 1990an, era booming mineral juga telah berakhir. Bahkan beberapa komoditas lainnya merosot tajam. Karena itu kita harus berubah,” kata Presiden Jokowi dalam pidato kenegaraan di sidang tahunan bersama DPR dan DPD, Rabu (16/8).

Jokowi mengatakan banyak pekerjaan infrastruktur yang harus diselesaikan pemerintah, mulai dari listrik, irigasi hingga pembangunan pelabuhan.

(Baca: Kritik MPR kepada Jokowi: Daya Beli Turun Hingga Kebebasan Pendapat)

“Tidak mungkin kita menjadi negara yang kompetitif ketika biaya logistik kita mahal. Tidak mungkin kita menjadi Poros Maritim Dunia, kalau kita tidak mempunyai pelabuhan-pelabuhan yang menjadi tempat bersandar kapal-kapal besar yang mengangkut produk-produk kita,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan pada tahun kedua pemerintahannya, lebih banyak mendorong percepatan pembangunan nasional, baik pembangunan infrastruktur fisik dan sumber daya manusia, serta meningkatkan daya saing untuk mengejar ketertinggalan dengan negara lain.

Jokowi mengatakan pembangunan infrastruktur tak hanya di kota, tapi juga di desa. Melalui program Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik, pemerintah meningkatkan akses rakyat untuk mendapatkan pelayanan infrastruktur dasar seperti jaringan air minum sampai ke rumah-rumah warga.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...