Jasa Marga Incar Rp 2 Triliun dari Sekuritisasi Tol Jagorawi

Miftah Ardhian
18 Agustus 2017, 12:42
Antre Gerbang Tol
ANTARA FOTO/Andika Wahyu
Sejumlah kendaraan antre memasuki gerbang tol Cibubur di jalan tol Jagorawi, Jakarta Timur, Rabu (15/3). Data Ditlantas Polda Metro Jaya menunjukkan pertumbuhan kendaraan bermotor yang mencapai 7 persen hingga 9 persen per tahun menjadi salah satu penyeba

PT Jasa Marga (Persero) Tbk akhirnya menerbitkan produk sekuritisasi sebagai alternatif pendanaan proyek jalan tol yang tengah dikerjakan. Saat ini, Jasa Marga akan menerbitkan produk sekuritisasi di ruas tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi).

Sekuritisasi tersebut berbasis Future Revenue Based Securities (FRBS) berupa Surat Berharga Hak Pendapatan Tol Jasa Marga atas ruas Tol Jagorawi. Produk berjangka waktu 5 tahun itu dibatasi sebanyak-banyaknya Rp 2,6 triliun dengan nilai sekuritisasi sebanyak-banyaknya Rp 2 triliun.

Advertisement

“Adapun hak atas pendapatan yang disekuritisasi adalah hak atas sebagian pendapatan ruas Jagorawi yang merupakan salah satu ruas tol paling mature yang dimiliki oleh Jasa Marga,” ujar Sekretaris Perusahaan Jasa Marga, M Agus Setiawan dalam keterangan resminya, Jakarta, Jumat (18/8). 

(Baca juga: Jasa Marga Klaim Sistem Ganjil-Genap Ampuh Atasi Macet Tol Cikampek)

Produk sekuritisasi ini rencananya akan diterbitkan dengan nama Kontrak Investasi Kolektif Efek Beragun Aset (KIK-EBA) Mandiri JSMR01-Surat Berharga Pendapatan Tol Jagorawi. Penerbitan sekuritisasi ini melibatkan PT Mandiri Manajemen Investasi dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk sebagai Manajer Investasi dan Bank Kustodian.

Produk KIK EBA Mandiri JSMR01 telah mendapatkan indikasi peringkat awal AAA dari PEFINDO dan rencananya akan ditawarkan dalam dua kelas. Kelas A akan diterbitkan melalui penawaran umum dan memiliki karakterisktik pendapatan tetap, sedangkan kelas B akan diterbitkan melalui penawaran terbatas dan memiliki karakteristik pendapatan tidak tetap.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement