Suzuki Ertiga Bidik Kawasan Afrika dan Amerika Latin

Padjar Iswara
20 Agustus 2017, 13:57
No image
Stand pamer mobil Suzuki di ajang GIIAS 2017, Kamis, (10/08)

Katadata – Tidak hanya fokus untuk pasar domestik, PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) menyatakan keinginannya untuk terus memperluas pangsa pasar dengan meningkatkan volume ekspor kendaraan dan suku cadang ke lebih dari 52 negara.

Indonesia saat ini mempunyai peluang ekspor yang cukup potensial. Tercatat pada tahun 2016 lalu, SIM telah mampu berkontribusi bagi perusahaan dengan membukukan pemasukan sebesar Rp5,5 triliun.

Advertisement

Beberapa produk SIM roda empat yang diekspor, antara lain Ertiga dan APV dalam bentuk kendaraan utuh atau completely built up (CBU). Untuk ekspor Suzuki dalam keadaan terurai atau completely knocked down (CKD) meliputi mobil Ertiga, Karimun Wagon R, dan Carry 1000. Sedangkan penjualan ekspor dalam bentuk KD atau component adalah Karimun Wagon R, Celerio, Ciaz, dan Ertiga.

“Pada 2017, PT Suzuki Indomobil Motor berhasil menambahkan distributor penjualan ekspor roda empat yaitu Negara Timor Leste di Benua Asia dan Negara Benin di Benua Afrika,” kata Hady Surjono Halim, Dept Head of Export PT SIM, di ICE BSD (19/8/2017).

Untuk ke depannya, Hady, menargetkan wilayah distributor baru di beberapa negara di kawasan Timur Tengah, Asia, Oceania, Amerika Latin, serta Afrika. Dengan aktivitas ekspor roda empat mampu memberikan kontribusi sebanyak 27% terhadap pemasukan perusahaan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement