Pelarangan Sepeda Motor, Menhub Minta Perbanyak Angkutan Umum

Dimas Jarot Bayu
24 Agustus 2017, 13:33
Lawan Arus Lalu lintas
ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta agar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dapat menambah kuantitas angkutan massal di Jakarta, khususnya bus. Hal ini menyusul adanya rencana perluasan pelarangan sepeda motor dari Jalan MH Thamrin ke Sudirman dan Rasuna Said.

Menurut Budi, penambahan bus diperlukan untuk mensubstitusi moda transportasi para pengendara motor. Apalagi masih banyak masyarakat yang mengandalkan sepeda motor sebagai moda transportasi andalan di Jakarta.

Advertisement

"Kalau motor dikurangi, busnya diperbanyak," kata Budi di kantornya, Jakarta, Kamis (24/8). (Baca: Menhub Minta Pemprov DKI Terapkan Larangan Motor Secara Bertahap)

Dia mengaku kementeriannya siap membantu Pemprov DKI Jakarta untuk merealisasikan rencana perluasan pelarangan sepeda motor pada beberapa jalan protokol. Kemacetan di Jakarta memang harus diatasi dengan baik.

Data Kementerian Perhubungan mencatat terdapat 19 juta masyarakat yang melakukan pergerakan di Jakarta. Jumlah ini merupakan 40,90% dari total penduduk Jakarta yang mencapai 47 juta orang. Dengan jumlah yang besar tersebut, kecepatan orang berkendara di Jakarta sangat rendah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement