Ditopang Perbankan, IHSG Bisa Capai Rekor Tertinggi Tahun Ini

Miftah Ardhian
25 Agustus 2017, 16:01
Bursa saham
ANTARA FOTO/M. Agung Rajasa
Beberapa siswa berfoto dengan latar pergerakan IHSG di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (24/2).
PT Samuel Aset Manajemen (SAM) memperkirakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bisa melompat tinggi jika diiringi oleh perbaikan ekonomi tahun ini. Meskipun ada stagnansi dalam pertumbuhan ekonomi hingga semester I-2017, bukan berarti kinerja emiten tidak akan bisa gemilang.

Direktur Utama Samuel Aset Manajemen Agus Basuki Yanuar menuturkan, laju IHSG bisa mencapai rekor tertingginya di tahun ini. Alasannya, sektor terbesar dari IHSG ini adalah perbankan dan konsumer.

Apabila keduanya mengalami kenaikan yang signifikan, maka, akan menjadi penopang utama laju IHSG tahun ini. "IHSG bisa capai 6.500, tapi itu target paling bullish nya ya," ujar Agus saat konferensi pers, di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (25/8).

(Baca juga:  Konsumsi Masyarakat Tertahan, Laju Ekonomi Diprediksi Maksimal 5,05%)

Menurut Agus, indeks dari sektor perbankan akan terus naik karena tren kredit macet (Non Performing Loan/NPL) tinggi diperkirakan akan berakhir tahun ini. Kemudian, proses penyaluran kredit pun akan terus berjalan, walaupun pertumbuhannya belakangan ini melambat.

Laju saham perbakan pun akan didorong oleh penurunan suku bunga Bank Indonesia (BI) 7-Days Repo Rate yang berada di angka 4,5%. Dengan demikian, adanya penurunan bunga ini berpotensi menaikan Net Interest Income (NII) yang lebih tinggi.

Lebih lanjut, laju IHSG juga akan ditopang oleh kenaikan saham sektor komoditas yang sudah mulai membaik. Adapun, sektor telekomunikasi dan utilities juga akan mencatatkan kenaikan.

Hanya dua sektor yaitu konstruksi dan agri yang masih mencatatkan hasil negatif. Namun, Agus memperkirakan, menjelang akhir tahun semua sektor yang ada di bursa akan mengalami kenaikan yang menjadi penopang IHSG.

(Baca juga: Ramainya Pesta Diskon Nike dan Mitos Pelemahan Daya Beli)

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...