Bank Mandiri Siapkan Strategi Bidik Kredit Mikro Rp 65 Triliun

Ameidyo Daud Nasution
28 Agustus 2017, 12:05
bank mandiri
Arief Kamaludin|KATADATA

PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk menargetkan penyaluran kredit mikro pada tahun ini bisa mencapai Rp 65 triliun. Target ini setara dengan pertumbuhan kredit mikro sebesar 28% dibandingkan tahun lalu. Terdapat beberapa strategi yang telah disapkan Bank Mandiri untuk mencapai target tersebut.

Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rohan Hafas mengatakan hingga semester satu lalu, pihaknya telah menyalurkan kredit mikro sebesar Rp 54,3 triliun yang mengalami kenaikan 17,8% dari tengah tahun pertama 2016. Sedangkan untuk penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank Mandiri hingga tengah tahun telah mencapai Rp 5,8 triliun.

"Ini sesuai keinginan perseroan dalam menciptakan nilai tambah di masyarakat," kata Rohan saat pemaparan di Lombok, Nusa Tenggara Barat, akhir pekan lalu. (Baca juga: Kondisi Bank Membaik, OJK Perketat Lagi Aturan Restrukturisasi Kredit)

Penyaluran KUR Bank Mandiri masih didominasi oleh bidang usaha perdagangan yang mencapai porsi sekitar 29%, selanjutnya diikuti oleh sektor jasa dan sektor pertanian. 

Untuk mengejar target tersebut, Rohan mengatakan Bank Mandiri telah menyiapkan beragam strategi, terutama dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di bisnis mikro.  Peningkatan kualitas SDM dianggap penting agar kredit yang diberikan sesuai tujuan. Bank Mandiri memberikan berbagai pelatihan dan pembekalan serta pendampingan dan pembelajaran tentang pengelolaan keuangan. "Salah satu cara peningkatan SDM adalah dengan pendampingan," kata Rohan.

(Baca: Bunga Acuan Turun, Bank Mandiri Bisa Turunkan Bunga Deposito 0,5%)

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...