Gangguan Satelit, BCA Gratiskan Biaya Tarik Tunai di ATM Bank Lain

Ameidyo Daud Nasution
28 Agustus 2017, 13:57
ATM Bank BCA
KATADATA |
ATM Bank BCA

PT. Bank Central Asia Tbk., memberikan kompensasi atas tak beroperasinya ribuan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) akibat gangguan satelit Telkom 1. BCA akan mengganti biaya tarik tunai bila nasabah menggunakan ATM bank lain.

"Nasabah BCA ambil uang ATM bank lain kena biaya Rp 7.500. Kami akan bebaskan biayanya, khusus untuk yang tarik tunai," ujar Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja dalam konferensi pers di Menara BCA, Senin (28/8).

Biaya gratis tarik tunai ini tidak secara langsung. Saat menggunakan ATM di bank lain, nasabah BCA tetap mendapat potongan biaya. Namun biaya tersebut akan digantikan BCA di akhir bulan. "Memang tidak langsung gratis, nasabah ambil dulu, kena biaya baru akhir bulan dikredit kembali biaya administrasinya," jelas Jahja.

 (Baca: ATM Offline Imbas Satelit Error, BI Jamin Sistem Pembayaran Aman)

Jahja mengatakan biaya gratis hanya berlaku untuk transaksi tarik tunai. Di luar transaksi tarik tunai seperti cek saldo dan transfer, nasabah dapat menggunakan internet banking atau melalui aplikasi BCA mobile.

Jahja mengatakan BCA menyiapkan Rp 50 miliar sampai 70 Miliar untuk biaya perbaikan dan talangan biaya transaksi tarik tunai di bank lain.

Sebanyak 5.700 dari 17.210 ATM BCA, masih tak berfungsi lantaran pengalihan sinyal masih dilakukan. Jahja mengatakan nantinya perpindahan sinyal untuk 3.000 ATM akan dilakukan oleh satelit Telkom 3, sedangkan sisanya akan menggunakan satelit Apstar V. "Nantinya akan kami re-route kembali kalau (Telkom 1) sudah benar," kata Jahja.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...