Kominfo Minta Facebook dan Media Sosial Ikut Ungkap Saracen

Dimas Jarot Bayu
28 Agustus 2017, 16:30
Rudiantara
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Menkominfo Rudiantara

Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara meminta bantuan Facebook dan perusahaan platform media sosial lainnya untuk membantu pengungkapan jaringan sindikat Saracen. Rudiantara mengatakan perusahaan platform memiliki informasi atas akun terlibat dalam jaringan Saracen.

"Karena yang mengetahui di balik akun ini siapa informasinya kan platform. Jadi kami kejar ke platform," kata Rudiantara di gedung DPR/MPR, Jakarta, Senin (28/8).  (Baca: Anggap Saracen Berbahaya, Jokowi Desak Polisi Ungkap Pemesan Jasa)

Advertisement

Rudiantara mengatakan perusahaan platform tersebut harus bertanggung jawab karena memiliki andil yang besar dalam penyebaran konten negatif di media sosial. Perusahaan platform, kata dia, perlu menjaga stabilitas negara saat mereka berbisnis di Indonesia.

"Mereka bisnis di sini kok. Bisnis di sini mereka harus ikut bagian dari solusi. Enggak bisa mereka membiarkan ini ada ketidakstabilan di Indonesia," kata Rudiantara.

(Baca: Selidiki Jaringan, Polisi Belum Tutup Situs dan Akun Facebook Saracen)

Menurut Rudiantara, pemerintah tak memiliki intensi untuk membatasi berjalannya bisnis media sosial di Indonesia. Dia mengatakan, media sosial juga memiliki nilai tambah yang positif bagi masyarakat, salah satunya di sektor ekonomi.

Kendati demikian, Rudiantara menilai perusahaan platform tetap harus terlibat aktif untuk membantu pemerintah menghalau konten negatif. Jika perusahaan platform tersebut tak bisa bekerja sama, dia pun mempersilakan mereka untuk keluar dari Indonesia.

"Kalau Anda tidak bantu menjaga itu berarti Anda tidak mau bantu Indonesia stabil. Mohon maaf berarti Anda pada saat itu tidak bisa jadi mitra kami," kata Rudiantara.

(Baca: Istana Desak Polisi Usut Sindikat Saracen Hingga Tuntas)

Saat ini, kata Rudiantara, berbagai perusahaan platform tersebut telah memperbaiki pelayanannya di Indonesia, termasuk untuk menghalau konten negatif. Mereka menyatakan berkomitmen membantu pemerintah menghalau konten negatif, dalam pertemuan Juli 2017 lalu.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement