Integrasi Subsidi Elpiji dan Dana Bansos Terancam Mundur

Anggita Rezki Amelia
Oleh Anggita Rezki Amelia - Arnold Sirait
30 Agustus 2017, 19:57
Elpiji pertamina
Arief Kamaludin|KATADATA

Pelaksanaan subsidi elpiji tertutup dengan mengintegrasikan ke dalam bantuan sosial terancam mundur. Penyebabnya masih ada beberapa persoalan yang harus diselesaikan antar kementerian.

Direktur Penanganan Fakir Miskin Kementerian Sosial Andi ZA Dulung mengatakan awalnya pelaksanaan subsidi elpiji tertutup ini ditargetkan bisa terlaksana 1 Januari 2018. Namun hingga kini masih ada kendala. “Jika sampai dengan Oktober tidak ada keputusan saya khawatir implementasinya tidak bisa bulan Januari," kata dia berdasarkan keterangan tertulisnya, Rabu (30/8).

(Baca: Pemerintah Targetkan Subsidi Elpiji Nontunai Mulai Tahun Depan)

Kementerian Sosial memang membutuhkan waktu yang cukup untuk mengimplementasikan integrasi subsidi elpiji dengan bansos lainnya. Meski demikian, menurut Andi ada 25,7 juta warga tidak mampu yang bisa mendapatkan subsidi elpiji 3 kg.

Dengan sistem integrasi ini diharapkan bisa membuat subsidi elpiji lebih tetap sasaran. Andi mengatakan selama ini terjadi banyak penyimpangan dalam pelaksanaan subsidi elpiji. “Ini harus diubah dengan sistem subsidi ke masing-masing orang yang membutuhkan," ujar dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...