Dari 23 Proyek Strategis, Hanya Satu Rute Kereta Rampung Tahun Ini

Ameidyo Daud Nasution
4 September 2017, 20:41
Rel kereta api
Arief Kamaludin|KATADATA

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan satu Proyek Strategis Nasional di bidang perkeretaapian yang rampung pada tahun ini. Sementara, hingga 2019, ada 11 dari total 23 Proyek Strategis Nasional yang direncanakan beroperasi.

Direktur Prasarana Direktorat Jenderal Perkerataapian Zulfikri mengatakan proyek yang ditargetkan rampung tahun ini adalah rute kereta api Prabumulih - Kertapati sepanjang 85 kilometer.

Advertisement

Zulfikri mengatakan, sebenarnya sejak tahun lalu rute ini telah dioperasikan secara parsial. Setelah 30 kilometer rel tambahan dibangun, rute ini akan dilewati kereta batubara dan penumpang. "Jadi beroperasi full tahun ini," katanya saat pemaparan di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (4/9).

(Baca juga:  Skema Pendanaan LRT Jabodebek Ditargetkan Rampung Akhir 2017)

Sedangkan untuk tahun depan, Kemenhub menargetkan sekurangnya 6 PSN di bidang kereta api selesai pembangunannya. Beberapa proyek tersebut adalah Makassar - Pare-pare, Bandar Tinggi - Kuala Tanjung, kereta Bandara Soekarno Hatta, Kereta Api Akses Bandara Adi Soemarmo (Solo), Light Rail Transit (LRT) Kelapa Gading Velodrome, serta LRT Sumatera Selatan.

Adapun hingga tahun 2019 ada 11 proyek strategis kereta api yang ditargetkan rampung. Di antaranya, jalur Ganda Lintas Selatan Jawa, jalur kereta Rantauprapat - Kota Pinang, Mass Rapid Transit (MRT) North South Tahap I, serta proyek LRT Jakarta Bogor Depok Bekasi.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement