Jonan Targetkan Kajian Awal Blok Masela Selesai November Tahun Ini

Ameidyo Daud Nasution
6 September 2017, 10:20
Jonan ESDM
Arief Kamaludin|KATADATA

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan agar kajian awal (Pre-Front End Engineering Design/FEED) bisa selesai November tahun ini. Apalagi pembahasan Blok Masela menjadi topik pembahasan ketika utusan khusus Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe yakni Hiroto Izumi mengunjungi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) Selasa (5/9) lalu.

Menteri ESDM Ignasius Jonan memperkirakan kajian awal itu bisa selesai dua bulan lagi. "Kira-kira (November). Ini persiapan untuk pembangunan," kata dia ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (5/9).

(Baca: Arcandra Upayakan Industri Domestik Dapat Porsi Besar Gas Masela)

Kelanjutan proyek Blok Masela memang menjadi pembahasan saat utusan khusus Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe yakni Hiroto Izumi bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana, kemarin. Pertemuan itu dihadiri juga Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. 

Usai pertemuan tersebut, Basuki mengatakan Jokowi dan Izumi bersepakat pengerjaan proyek di Blok Masela bisa segera berjalan. "Sudah dipersiapkan dan November mulai jalan," kata dia.

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) sebelumnya telah menyetujui anggaran (AFE) kajian awal (pre-FEED) proyek Blok Masela. Inpex sebagai operator blok tersebut memperoleh persetujuan pada pertengahan bulan ini.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...