Kemenhub: Proyek Strategis Bandara Sebatik Jadi Pangkalan TNI AU

Ameidyo Daud Nasution
7 September 2017, 18:36
Jokowi Natuna
Biro Pers Setpres

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan satu Proyek Strategis Nasional (PSN) di bidang bandara akan dijadikan pangkalan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara. Proyek tersebut adalah pembangunan bandara baru di pulau Sebatik, Kalimantan Utara.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso mengatakan keputusan ini merupakan hasil dari rapat terbatas (ratas) yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu. Perubahan peruntukkan ini lantaran wilayah tersebut merupakan daerah perbatasan yang rawan infiltrasi.

Advertisement

"Selain itu untuk logistik sudah ada bandara Nunukan yang ada di sisi luar Kalimantan Utara," kata Agus saat konferensi pers di kantornya, Jakarta, Kamis (7/9).

Terkait perubahan fungsi proyek ini, Kementerian Perhubungan akan berkomunikasi dengan TNI AU dan Kementerian Pertahanan. Tujuannya agar Kemenhan juga dapat membangun airstrip atau landasan pacu untuk kebutuhan pendaratan pesawat pengangkut.

Bandara Sebatik masuk dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN) yang diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 58 Tahun 2017. Proyek Bandara Sebatik menjadi salah satu dari tiga proyek pembangunan bandara baru, selain Bandara Kertajati dan Bandara Internasional di Yogyakarta.

Agus mengatakan untuk proyek bandara lainnya masih relatif berjala sesuai rencana. Beberapa di antaranya adalah Bandara Kertajati di Jawa Barat yang ditargetkan dapat beroperasi pada tahun depan. (Baca: Bandara Kertajati Terus Dikebut, Pembebasan Lahan Capai 53%)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement