Pengusaha Lobi HET Beras, Petani Diprediksi Bakal Protes

Michael Reily
7 September 2017, 19:32
PETANI GAGAL PANEN
ANTARA FOTO/Saiful Bahri
Petani mencari padi yang bisa dipanen di Desa Tanjung, Pamekasan, Jawa Timur, Senin (13/3). Sebagain besar tanaman padi di daerah itu gagal panen akibat hama dan penyakit.

Kementerian Perdagangan telah memberlakukan Harga Eceran Tertinggi (HET) beras. Namun, setelah sepekan berlaku, harga beras di pasaran masih jauh lebih tinggi dari yang ditetapkan. Sementara peretail memulai lobi, kebijakan ini diprediksi akan menuai protes dari petani.

Ketua Umum Perhimpunan Ekonomi Pertanian Indonesia (PERHEPI) Bayu Krisnamurthi memprediksi petani akan berunjuk rasa jika kebijakan ini tetap dipaksakan. Sebab, penetapan harga eceran tak akan membuat pedagang mau memangkas laba, apalagi menanggung rugi dari kenaikan ongkos produksi dan distribusi.

Advertisement

"Tahun depan petani akan demonstrasi dan negosiasi harga karena ongkos produksi bertambah," kata Bayu dalam diskusi soal beras yang digelar Centre for Strategic and International Studies (CSIS) di Jakarta, Kamis (7/9).

Ia mengkritik langkah pemerintah yang mengatur harga bahan pokok tanpa persiapan matang. Menurutnya, kebijakan HET beras baru akan berhasil jika Perum Bulog sebagai perusahaan pelat merah menguasai stoknya.

Grafik: 10 Provinsi dengan Harga Beras Medium II Tertinggi per 31 Agt 2017

Ia pun menyebut pemerintah telah mengambil langkah konservatif dengan mengendalikan harga beras. "Kami masuk ke dalam suatu pemikiran bahwa beras masuk jadi komoditas yang digunakan sebagai alat politik," tutur Bayu.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement