Pertamina Kantongi Izin Ekspor Solar

Anggita Rezki Amelia
7 September 2017, 12:50
bbm
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Pertamina  (Persero) telah mengantongi izin ekspor Solar dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Izin tersebut untuk mengantisipasi kelebihan pasokan Solar Pertamina.

Direktur Pemasaran Pertamina Muchamad Iskandar mengatakan izin itu diperoleh sejak bulan lalu dan berlaku selama enam bulan. Meskipun begitu, hingga kini perusahaan pelat merah itu belum mengekspor Solar ke negara manapun.

(Baca: Produksi Solar Surplus, Pertamina Tak Ingin Ekspor)

Alasan Pertamina belum mengekspor Solar karena hingga kini tidak ada kelebihan pasokan. "Kami berjaga kalau  terjadi excess. Jadi kami minta izin dulu, apabila suatu saat ada excess Solar bisa cepat ekspor," kata dia di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (7/9). 

Saat ini konsumsi Solar memang masih menunjukkan tren kenaikkan. Alasannya beberapa perusahaan tambang batu bara mulai beroperasi yang berdampak pada penyerapan Solar untuk kebutuhan operasionalnya.

Hal ini berbeda dengan kondisi beberapa bulan sebelumnya yang sedang lesu, sehingga serapan Solar dalam negeri rendah. Akibatnya dalam tiga bulan terakhir stok Solar mencapai 1,82 juta kiloliter (KL), atau setara kebutuhan 26 hari. Padahal normalnya hanya 1,33 juta KL atau sekitar 19 hari.  

Di sisi lain, tempat penyimpanan Pertamina hanya sanggup menampung Solar hingga 2,1 juta KL atau 30 hari. Apabila melebihi angka tersebut Pertamina harus  segera mengekspor karena dapat mengganggu operasional kilang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...