Sepekan Berlaku, Harga Beras Masih di Atas HET

Michael Reily
7 September 2017, 15:48
Beras pangan
Arief Kamaludin|KATADATA

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita telah menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) beras sejak 1 September 2017 lalu. Namun, hingga kini masih banyak pedagang di berbagai daerah yang menetapkan harga jual yang lebih tinggi.

Sistem pemantauan pasar kebutuhan pokok, Kementerian Perdagangan mencatat, harga rata-rata beras medium di DKI Jakarta hari ini mencapai Rp 11.010 per kilogram. Sementara di Palembang harganya Rp 10.500 per kilogram. Padahal, HET beras medium yang ditetapkan untuk wilayah Jawa, Lampung dan Sumatera Selatan adalah Rp 9.450 per kilogram.

Advertisement

Di kota lain seperti Ambon dan Jayapura, rerata harga beras mediumnya masing-masing Rp 12.000 dan Rp 14.000 per kilogram. Padahal, HET beras untuk Pulau Maluku dan papua sebesar Rp 10.250. Di kedua wilayah di Indonesia Timur ini, harga beras medium di pasaran bahkan lebih tinggi ketimbang HET beras premium yang ditetapkan, yakni Rp 13.600 per kilogram.

(Baca juga:  HET Beras Medium dan Premium Ditetapkan Berbeda di Tiap Wilayah)

Ketua Umum Perhimpunan Ekonomi Pertanian Indonesia (PERHEPI) Bayu Krisnamurthi menyatakan, peran Bulog harus diperkuat jika pemerintah ingin regulasi berjalan lancar.

Halaman:
Reporter: Michael Reily, Pingit Aria
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement