Kementerian ESDM Revisi Surat Keputusan Porsi Total-Inpex di Mahakam

Anggita Rezki Amelia
8 September 2017, 20:17
Kementerian ESDM
Arief Kamaludin | Katadata

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tengah merevisi surat keputusan mengenai besaran hak kelola untuk Total E&P Indonesie dan Inpex Corporation di Blok Mahakam. Dalam surat keputusan yang ditandatangani Sudirman Said ketika menjabat Menteri ESDM, kedua kontraktor itu maksimal mendapat 30% hak kelola.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan dalam revisi tersebut, porsi Total dan Inpex akan meningkat dari sebelumnya. "Sesuai dengan arahan Pak Menteri boleh up to 39%.  Suratnya sedang kami persiapkan," kata dia di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (8/9).

Advertisement

(Baca: Jonan Perbesar Porsi Total dan Inpex di Blok Mahakam)

Menurut Arcandra, alasan pihaknya memberikan batasan hak kelola hingga 39% itu karena itu merupakan permintaan dari Total. Alhasil proses negosiasi antara Pertamina dengan Total dan Inpex mengacu surat tersebut.

Direktur Utama Pertamina Elia Massa Manik sebelumnya mengatakan selama belum ada revisi, pihaknya akan tetap mengacu pada surat dari Sudirman Said itu dalam bernegosiasi. Artinya, perusahaan pelat merah ini tidak bisa memberikan porsi lebih dari 30% kepada Total dan Inpex.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement