Pemerintah Bantu 40 E-Commerce Lokal Gaet Investor Jepang

Michael Reily
12 September 2017, 16:43
Rudiantara
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Menkominfo Rudiantara saat pembukaan Indonesia E-Commerce Expo di Indonesia Convention Exibation (ICE), Serpong, Tangerang, Banten, Selasa (9/5).

Pemerintah akan membantu perusahaan digital baru atau startup untuk menjaring investasi asal luar negeri. Bekerja sama dengan Japan External Trade Organization (JETRO), pelaku e-commerce ditemukan dengan investor potensial.

"Kami ingin lebih serius menjaring investor di e-commerce," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara kepada wartawan usai mempresentasikan potensi digital Indonesia kepada pihak Jepang di Gedung Ayana MidPlaza, Jakarta, Selasa (12/9).

Rudiantara menyatakan, saat ini telah terjadi pergeseran pola investasi dari industri konvensional ke ekonomi digital. Sehingga, metode pertemuan bisnis secara berkelompok akan menjaring investor lebih banyak.

(Baca juga:  Pertama di Indonesia, Fitur Jual-Beli Obligasi Online Bank Permata)

Proses pencarian dana ini dilakukan agar perkembangan ekonomi digital bisa memenuhi target Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 74 Tahun 2017. Dalam Perpres tentang peta jalan e-commerce itu, pemerintah menargetkan transaksi perdagangan online mencapai US$ 130 miliar atau sekitar Rp 1.739 triliun pada 2020.

Oleh karena itu, program Next Indonesian Unicorn (NexICorn) digagas untuk memenuhi target. Rencananya, NexICorn bakal menjadi salah satu cara agar terlahir lebih banyak perusahaan e-commerce yang nilainya melampaui US$ 1 miliar atau unicorn.

Untuk memenuhi target itu, pemerintah juga mengajak Asosiasi Modal Ventura untuk Startup Indonesia (Amvesindo) agar mencatat perusahaan e-commerce yang punya potensi dan membutuhkan dana. Selain itu, Ernst & Young juga berperan untuk membantu meningkatkan profil perusahaan e-commerce agar lebih meyakinkan investor asing.

(Baca juga:  Setelah Kioson, E-commerce M-Cash Bersiap Masuk Bursa)

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...