Harga Beras Naik 10%, Bulog Siap Operasi Pasar

Michael Reily
15 September 2017, 18:53
Beras Bulog
Arief Kamaludin | Katadata

Perum Badan Usaha Logistik (Bulog) menyatakan siap melakukan operasi pasar untuk meredam kenaikan harga beras di Jakarta. Sementara Kementerian Perdagangan telah menerima permohonan PT Food Station Tjipinang dan sedang menyiapkan mekanismenya.

Direktur Pengadaan Bulog Tri Wahyudi Saleh menyatakan siap menggelontorkan cadangan beras setiap saat atas komando pemerintah. "Prinsipnya kalau itu perintah regulator, kami siap," kata Tri kepada Katadata, Jakarta, Jumat (15/9).

Sementara, Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Bulog Karyawan Gunarso menyatakan, stok beras Bulog hingga akhir Agustus lalu mencapai 1,7 juta ton. Jumlah tersebut, menurutnya cukup untuk memenuhi kebutuhan Beras Sejahtera (Rastra) hingga 7 bulan ke depan. “Sebulan penyalurannya 213 ribu ton," ujar Karyawan.

(Baca juga: HET Diberlakukan, Kementan Permudah Izin Beras Khusus)

Selain itu, Bulog juga menyimpan 290 ribu ton cadangan beras pemerintah untuk sewaktu-waktu digunakan dalam keadaan darurat. Ada juga 20 ribu ton beras komersial untuk dijual pada masyarakat kelas menengah.

Sementara, Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Karyanto Suprih mengungkapkan bahwa pihaknya memang telah menerima permohonan operasi pasar. Surat itu disampaikan oleh PT Food Station Tjipinang Jaya melalui Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...