Pemerintah Sinkronisasi Rute LRT Adhi Karya dan Jakpro

Ameidyo Daud Nasution
15 September 2017, 21:07
 Light Rail Transit (LRT)
ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya
Sejumlah pekerja menyelesaikan pembangunan proyek Light Rail Transit (LRT) di samping Tol Jagorawi, Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (22/1).

Pembangunan proyek kereta ringan Light rail Transit (LRT) di Jakarta ternyata masih mengalami kendala teknis. Ada persilangan rute proyek LRT yang dibangun oleh PT Adhi Karya (Persero) Tbk. dengan yang dibangun Badan Usaha Milik Daerah yakni PT Jakarta Propertindo.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan pemerintah tengah berupaya melakukan sinkronisasi persilangan rute LRT Adhi Karya dengan Jakarta Propertindo (Jakpro). Hasil pembahasannya akan diputuskan pada pekan depan.

Advertisement

"Selasa sore akan kami putuskan," kata Luhut di kantornya, Jakarta, Jumat (15/9). (Baca: Pemerintah Mulai Harmonisasi Aturan Lintas Kementerian di Proyek LRT)

Dalam rencana pengembangan LRT, Adhi Karya mengkaji pembangunan rute Dukuh Atas - Palmerah - Senayan. Sementara itu, Jakpro juga akan mengembangkan rute yang nyaris bersinggungan yakni bagian dari Kelapa Gading - Kebayoran Lama. Hal ini akan berpengaruh kepada kepastian kontraktor penggarap rute LRT terutama dari Dukuh Atas hingga Palmerah.

Luhut mengatakan pemerintah masih menghitung dengan cermat kontraktor mana yang akan mengerjakan proyek ini hingga Palmerah. Penentuan rute yang dikerjakan ini dapat mempengaruhi investasi LRT di masa depan. "Ini kan pengalaman pertama sehingga jangan sampai salah," kata Luhut.

(Baca: Adhi Karya Siapkan LRT Tahap Kedua Rute Cibubur - Bogor)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement