Pertemuan Menhub Asia-Eropa, RI Akan Tawarkan 12 Proyek Infrastruktur

Ameidyo Daud Nasution
25 September 2017, 20:36
Kertajati
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Menteri Perhubungan Budi Karya dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan meninjau proyek pembangunan Bandara Internasional Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, 24 Februari 2017.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan akan menawarkan 12 proyek infrastruktur transportasi senilai Rp 40 triliun kepada sejumlah investor dari Asia dan Eropa. Dia akan menawarkan proyek ini saat pertemuan menteri-menteri perhubungan Asia-Eropa 

Acara The 4th Asia-Europe Meeting - Transport Minister Meeting (ASEM - TMM) akan diadakan mulai besok, 26 hingga 28 September 2017, di Hotel Westin, Nusa Dua, Bali. Dia mengaku akan menjadikan perhelatan tersebut ajang menggaet investor terutama dari negara Eropa dan Asia. ASEM - TMM juga sekaligus menjadi sarana mempromosikan sektor pariwisata Bali.

Advertisement

"Arahan Bapak Presiden Jokowi, ajang ASEM - TMM ini harus digunakan secara maksimal untuk menarik minat investor guna menanamkan investasinya di Indonesia melalui potensi yang dimiliki bangsa Indonesia," kata Budi di Jakarta, Senin (25/9).

Dia mengatakan beberapa proyek yang siap ditawarkan antara lain proyek Pelabuhan Sorong, proyek Cikarang Bekasi Laut, pelabuhan Kijing, kereta listrik ringan (Light Rail Transit/LRT) Bandung, proyek tram di Surabaya, proyek kereta Makassar - Pare-pare, hingga Pelabuhan Tanjung Api-api.

Budi juga menggandeng Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) sebagai pengisi acara untuk menggaet investor dalam acara ini. Bahkan, rencananya dalam forum bisnis di acara tersebut akan dihadiri pula oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Saya berinisiatif menjadikan ini bukan hanya pertemuan tetapi sebagai business meeting," ujarnya.

Forum bisnis akan dihadiri oleh para pebisnis dan akan dibahas sejumlah solusi untuk meningkatkan konektivitas transportasi di negara berkembang. Forum ini akan fokus untuk meningkatkan integritas konektivitas transportasi di negara berkembang yang melibatkan sektor swasta, serta mendiskusikan solusi pada biaya logistik dan pembangunan sarana dan prasarana transportasi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement