Jokowi Percepat Target Proyek Bendungan Terbesar Ketiga Indonesia

Ameidyo Daud Nasution
4 Oktober 2017, 18:59
Jokowi Bendungan Karian
Biro Pers - Sekretariat Presiden
Jokowi meninjau pembangunan proyek Bendungan Karian di Banten, Rabu (4/10)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan pembangunan Bendungan Karian di Rangkasbitung, Provinsi Banten dapat diselesaikan satu tahun lebih cepat. Sebelumnya, pemerintah menargetkan proyek bendungan ini dapat diselesaikan pada 2020.

Percepatan target ini diungkapkan Jokowi setelah meninjau langsung pekerjaan fisik bendungan tersebut hari ini. Dia pun langsung memberikan target agar Bendungan Karian bisa selesai pembangunannya pada 2019. "Setelah melihat di lapangan, pekerjaan bisa dipercepat," ujar Jokowi dalam keterangan resmi Sekretariat Presiden, Rabu (4/10).

Advertisement

Pembangunan bendungan ini memang sempat tertunda sangat lama. Pembangunan bendungan Karian sebenarnya telah direncanakan sejak tiga dekade lalu, yakni sejak tahun 1980-an. Namun, eksekusi proyek yang masuk dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN) ini baru berjalan pada tiga tahun terakhir.

Jokowi mengatakan Bendungan Karian direncanakan akan menjadi salah satu sumber air baku untuk kebutuhan masyarakat Banten dan DKI Jakarta. Bendungan ini akan menjadi bendungan terbesar ketiga di Indonesia, setelah Bendungan Jatiluhur dan Bendungan Jatigede.

Secara teknis, bendungan berkapasitas 314,7 juta meter kubik air ini dapat mengairi lahan seluas 22 ribu hektare. Bendungan ini juga berfungsi sebagai sarana pengendalian banjir dengan kapasitas tampungan air 60,8 juta meter kubik. Selain itu bendungan ini dapat menyediakan air baku sebesar 9,1 meter per detik.

"Nanti juga ada Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di sini (Bendungan Karian)," kata Jokowi. (Baca: Kementerian PUPR Klaim 9 Bendungan Telah Terbangun di Era Jokowi)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement