Beroperasi Mulai 8 Oktober, KRL Jakarta-Cikarang Layani 32 Perjalanan

Ameidyo Daud Nasution
6 Oktober 2017, 19:12
Perlintasan Kereta Sebidang
ANTARA FOTO/ Atika Fauziyyah
Ilustrasi. KRL jalur Jakarta-Cikarang mulai beroperasi 8 Oktober.

PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI) menyatakan Kereta Rel Listrik akan beroperasi hingga ke stasiun Cikarang, Kabupaten Bekasi mulai Minggu, 8 Oktober besok. Direktur Utama PT KCI M N Fadhila mengatakan nantinya ada 32 perjalanan setara 16 perjalanan kereta pulang pergi yang akan melayani jalur Jakartakota - Cikarang.

Fadhila mengatakan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) telah mempersiapkan pengoperasian jalur Jakartakota - Cikarang. "Pengoperasian KRL ini merupakan upaya KCI untuk memperluas jangkauan KRL sejalan dengan target PT KCJ melayani 1,2 juta penumpang pada 2019 mendatang," kata Fadhila melalui keterangan pers, Jumat (6/10).

Advertisement

Dirinya juga mengatakan perjalanan pertama dari stasiun Cikarang menuju Jakartakota akan mulai beroperasi pukul 04.45 WIB dan kereta terakhir dari stasiun tersebut berangkat pukul 19.32 WIB. Adapun untuk keberangkatan terakhir dari Cikarang menuju stasiun Bekasi pukul 20.52 WIB. Sementara keberangkatan terakhir kereta dari stasiun Bekasi menuju Jakartakota sendiri pada pukul 22.15 WIB.

(Baca: Sempat Tertunda, KRL ke Cikarang Akan Beroperasi Akhir Pekan Ini)

Sedangkan keberangkatan kereta pertama dari stasiun Jakartakota menuju Cikarang pada pukul 05.41 WIB, sedangkan yang terakhir akan berangkat pukul 17.46 WIB. "Sedangkan keberangkatan terakhir dari stasiun Bekasi menuju Cikarang pukul 18.43 WIB," ujar Fadhila. 

Dia mengatakan tarif yang akan dibayar pengguna untuk melintasi jalur Cikarang - Jakartakota sepanjang 43,9 kilometer adalah Rp 5.000 dengan jarak tempuh kedua stasiun tersebut diperkirakan memakan waktu 90 menit."Sementara Bekasi - Cikarang itu 20 menit dengan jarak 16 kilometer," katanya.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement