Rini Soemarno Tersinggung Ucapan Ketua Kadin Soal Dominasi BUMN

Miftah Ardhian
6 Oktober 2017, 10:22
Menteri BUMN Rini Soemarno
Arief Kamaludin|KATADATA

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno merasa tersinggung dengan penyataan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P. Roeslani mengenai dominasi perusahaan pelat merah dalam proyek pemerintah dan bisnis usaha mikro kecil menengah (UMKM). Padahal menurutnya fakta tidak seperti itu.

Rini mengatakan selama ini BUMN justru membantu perkembangan UMKM. Ini karena direksi BUMN juga menyadari masih banyak masyarakat yang berpendapatan sangat rendah. “Jadi saya tersinggung, sangat tersinggung. Saya tanya UMKM yang mana," ujar dia saat acara diskusi dengan media di Plaza Mandiri, Jakarta, Kamis malam (4/10).

Advertisement

Salah satu contoh BUMN ikut membantu perkembangan UMKM adalah dari segi pendanaan, yang bahkan belum tersentuh bank. Permodalan Nasional Madani (PNM) saat ini sudah menyasar kredit yang paling mikro, yakni program pemberian bantuan pinjaman ke usaha ibu rumah tangga di daerah dengan besaran Rp 500 ribu hingga 3 juta. Ada juga kredit mikro Rp 5 juga sampai 25 juta.

Atas dasar itu seharusnya BUMN didukung penuh. "Kalau BUMN pasti milik negara dan rakyat, kok dipersoalkan. Kalau swasta hanya dimiliki beberapa orang kok tidak dipersoalkan," ujar Rini.

Sebelumnya, Rosan menyinggung dominasi BUMN di proyek pemerintah. Bahkan dirinya mengklaim, usaha UMKM pun turut serta 'dijajah' perusahaan pelat merah. "Katering dan cuci pakaian misalnya, itu diambil sama anak cucu usaha mereka. Maka kami minta BUMN kembali ke inti bisnisnya," ujar Rosan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement