Anak Usaha Toba Sejahtera Penuhi Pembiayaan Ekspansi PLTGU Senipah

Anggita Rezki Amelia
9 Oktober 2017, 14:30
Listrik
Katadata | Arief Kamaludin

Anak usaha PT Toba Sejahtera, PT Kartanegara Energi Perkasa (KEP) telah menyelesaikan pemenuhan pembiayaan (financial close) untuk ekspansi Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Senipah di Kabupaten Kutai Kartanegara. Nilainya mencapai US$ 66 juta atau Rp 891 miliar.

Direktur Keuangan KEP Juli Oktarina mengatakan pendanaan proyek ini berasal dari PT Bank Negara Indonesia (Persero)/BNI dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero)/BRI. "Ini merupakan langkah awal dimulainya proses konstruksi ekspansi PLTGU Senipah dari 82 MW menjadi 117 MW," kata dia dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (9/10).

Advertisement

Proyek pembangkit yang akan dibangun ini merupakan kelanjutan dari tahap satu. Sebelumnya perusahaan sudah berhasil membangun pembangkit tahap satu dan beroperasi 2015 lalu. Perusahaan harus mengeluarkan dana US$ 145 juta.

Proyek ini merupakan bagian dari mendukung proyek pemerintah 35 ribu MW. Ekpasnsi proyek ini juga bertujuan untuk memenuhi proyeksi pertumbuhan kebutuhan listrik di Kabupaten Kutai Kartanegara yang mencapai 10% per tahun.

Pembangkit ekspansi tahap II ditargetkan bisa beroperasi pada September 2019 mendatang. Proses konstruksi proyek ekspansi akan dimulai awal tahun depan.  PT RCR Asia dan PT Truba Jaya Engineering telah ditunjuk menjadi kontraktor rekayasa, pengadaan dan konstruksi (Engineering, Procurement and Construction/EPC).

Bakar bakar gas untuk pembangkit ekspansi ini nantinya tidak lagi memerlukan gas. "Jadi untuk pembangkit II menggunakan uap panas dari Pembangkit I," kata salah satu  Direktur KEP Renzi Renditya, di tempat yang sama. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement