Jokowi Akan Resmikan Tol Palembang-Indralaya

Ameidyo Daud Nasution
12 Oktober 2017, 21:00
Tol Sumatera
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Foto udara proyek pembangunan jalan tol Sumatera ruas Palembang-Indralaya Seksi I, Selasa (17/1)

Presiden Joko Widodo berangkat menuju kota Palembang hari ini. Kunjungannya ke Provinsi Sumatera Selatan ini untuk meresmikan tol Palembang - Indralaya (Palindra) Seksi I sepanjang 7 kilometer. Tol Palindra merupakan bagian dari ruas tol Trans Sumatera yang rampung pekerjaannya pada tahun ini.

Jokowi lepas landas dengan menggunakan pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma pada pukul 15.55. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang pada pukul 16.45 dan langsung meninjau tol baru tersebut.

"Dari bandara, Presiden akan meninjau dan meresmikan jalan tol Palindra Seksi I," seperti dikutip dalam keterangan resmi Biro Pers Sekretariat Presiden, Kamis (12/10). (Baca: Jokowi Minta Jepang Ikut Danai Proyek Tol Trans Sumatera)

Beberapa pejabat ikut menemani Presiden, antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Sekretaris Presiden Pramono Anung, dan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin.

Peresmian tol Palindra Seksi I ini menyusul ruas tol lainnya yang diresmikan Jokowi bulan lalu di Jawa, yakni ruas Bawen - Salatiga sepanjang 17,6 kilometer. Selain Palindra ruas tol Trans Sumatera lain yang akan diresmikan adalah Medan - Kuala Namu - Tebing Tinggi Seksi 2 hingga seksi 6.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Herry Trisaputra Zuna menyebutkan selama tiga tahun pemerintahan Jokowi, telah menyelesaikan pembangunan tol baru dengan total panjang 240 kilometer. Tol ini pun telah mulai beroperasi beberapa waktu lalu. Penambahan panjang tol baru ini mencapai 30,7% dari total jalan tol yang telah terbangun di Indonesia hingga 2014, yakni sepanjang 780 kilometer.

Herry menjelaskan total panjang tol baru ini terdiri dari 174 kilometer yang beroperasi pada 2016 dan 65 kilometer pada tahun ini. Data Kementerian PUPR beberapa jalan tol yang beroperasi pada tahun ini di antaranya adalah tol Gempol - Pasuruan Seksi I Paket A2 sepanjang 7,1 kilometer hingga Kertosono - Mojokerto sepanjang 19,9 kilometer.

Menurutnya panjang tol yang mulai beroperasi tahun ini masih belum final. Karena masih ada beberapa ruas tol lainnya yang akan beroperasi hingga akhir tahun. Beberapa diantaranya adalah Bekasi - Cawang - Kampung Melayu Seksi 1B dan 1C, Medan - Kuala Namu - Tebing Tinggi Seksi 2 hingga 6, serta Palembang - Indralaya Seksi 1.

"Sedangkan rencana tol yang selesai konstruksi tahun ini sepanjang 379,2 kilometer," kata Herry beberapa waktu lalu. (Baca: Tiga Tahun Jokowi-JK, Pembangunan Tol Capai 560 Kilometer)

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...