Sri Mulyani Siap Cari Dirjen Pajak Baru, Dikabarkan Ada Tiga Calon

Desy Setyowati
23 Oktober 2017, 17:48
Sri Mulyani
Arief Kamaludin|KATADATA
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati

Tidak lama lagi, Ken Dwijugeasteadi bakal meninggalkan jabatannya sebagai Direktur Jenderal Pajak. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pun memastikan bakal mencari pengganti yang terbaik untuk mengawal penerimaan pajak ke depan.

"Pokoknya kami cari yang terbaik yang bisa menjalankan tugas," kata dia usai rapat kerja (raker) dengan Badan Anggaran (Banggar) terkait Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2018 di Gedung DPR, Jakarta, Senin (23/10).

Menurut sumber Katadata, Dirjen Pajak baru kemungkinan bakal dipilih melalui penunjukan langsung. Artinya, tidak ada seleksi atau lelang jabatan. Informasi yang ia terima, sudah ada tiga nama yang digadang-gadang bakal menggantikan Ken. Namun, Sri Mulyani tidak mengonfirmasi kabar tersebut. "Ah nanti kalau sudah ada hasilnya saya sampaikan," ucapnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Hadiyanto sempat menyiratkan pemilihan condong melalui penunjukan langsung. Sebab, jalur lelang jabatan membutuhkan waktu panjang. Adapun kandidat yang ditunjuk langsung bisa langsung diajukan ke Tim Penilai Akhir (TPA) untuk ditetapkan sebagai Dirjen Pajak.

Namun, Hadiyanto berkali-kali menekankan, keputusan ada di tangan Sri Mulyani. Yang jelas, jika opsi yang dipilih adalah penunjukan langsung, ia menilai kandidat dari internal cukup berkompeten untuk diusulkan menjadi pengganti Ken.

"Sejauh ini kandidat atau calon di Kemenkeu cukup adalah yang dapat dipertimbangkan, diusulkan. Tapi ini (kembali lagi ke) Bu Menkeu," kata dia. Sri Mulyani memang bisa saja menunjuk kandidat dari luar Kemenkeu. (Baca juga: Sekjen Kemenkeu: Orang Internal Cukup Kompeten Jadi Dirjen Pajak

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...