Bahana Sekuritas Siap Akuisisi Bank Muamalat

Miftah Ardhian
25 Oktober 2017, 18:30
Muamalat
Katadata | Arief Kamaludin

PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI) melalui anak usahanya yakni PT Bahana Sekuritas menyatakan kesiapannya mengakuisisi Bank Muamalat. Hajatan itu dengan membeli saham baru perbankan syariah tersebut yang memang akan menerbitkan saham baru (rights issue).

Senior Manager Corporate Communication Bahana Group I Gede Suhendra mengatakan pihaknya memang telah mengetahui rencana penerbitan saham baru dari Bank Muamalat. Menurutnya, Bahana Sekuritas memiliki kemampuan untuk ikut mengakuisisi bank tersebut.

Namun, keputusan itu baru bisa dilakukan apabila telah ada penugasan resmi dari pemerintah. "Kami Bahana Sekuritas siap melaksanakan penugasan dan kepercayaan, jika mendapatkan mandat dari Kementerian BUMN," ujar Suhendra saat dihubungi Katadata, Jakarta, Rabu (25/10).

Suhendra mengaku belum bisa memberikan informasi lebih jauh mengenai rencana pemerintah terkait Bank Muamalat.  Dirinya pun juga tidak menjelaskan lebih lanjut apakah sudah ada arahan yang disampaikan Kementerian BUMN kepada Bahana Sekuritas untuk mengakuisisi Bank Muamalat.

Bank Muamalat memang berencana untuk melakukan right issue atau penerbitan saham baru dengan Hak Membeli Efek Terlebih Dahulu (HMETD). PT Minna Padi Investama Sekuritas Tbk (PADI) pun menyatakan telah menandatangani perjanjian pengambilalihan saham bank syariah pertama di Indonesia tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...