Pertamina Buktikan Layak Jadi Operator Blok Sanga-Sanga Lewat Kerja

Anggita Rezki Amelia
25 Oktober 2017, 19:32
Pertamina
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Pertamina (Persero) siap membuktikan kepada pemerintah layak menjadi operator Blok Sanga-sanga lewat beberapa program kerjanya. Ini karena selain Pertamina, operator lama di blok tersebut, yakni VICO Indonesia juga tertarik.

Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam mengatakan semua keputusan mengenai Blok Sanga-sanga, termasuk operator, memang kewenangan pemerintah. “Kami tunggu saja sampai semuanya menjadi jelas," kata dia kepada Katadata, Rabu (25/10).

Advertisement

Namun Pertamina sudah mengirimkan proposal kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk mengambil alih Blok Sanga-Sanga. Hanya, perusahaan pelat merah itu masih menunggu panggilan kementerian untuk membahas proposal tersebut.

Pertamina juga akan membuktikan kepada pemerintah kalau mereka mampu mengelola Sanga-Sanga. Salah satunya dengan beberapa program kerja yang akan dilakukan ketika menjadi operator blok tersebut.

Sayangnya Syamsu belum mau merinci program kerja tersebut. "Contoh riil saja di Blok Mahakam. Saat ini kami sudah melakukan masa transisi dengan baik dan investasi berjalan dengan baik. Kami membuktikan dengan kerja saja," ujar dia.

Tahun 2016 lalu, saat masih menjabat Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto pernah mengatakan kalau perusahaan energi ini akan melakukan infill drilling sekitar 30 hingga 50 sumur per tahun jika mendapatkan hak kelola di Blok Sanga-Sanga. Infill drilling adalah pengeboran sumur di lapangan yang produksinya masih berada di bawah laju produksi yang efisien dari sisa cadangan yang ada. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement