Nadiem Klaim Gojek Ciptakan Pekerjaan untuk Satu Juta Keluarga

Dimas Jarot Bayu
26 Oktober 2017, 19:56
CEO Go-Jek Nadiem Makarim.
Arief Kamaludin | Katadata
CEO Go-Jek Nadiem Makarim.

CEO Gojek Nadiem Makarim mengklaim jika transportasi online saat ini dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Nadiem mengklaim lebih dari satu juta keluarga Indonesia yang pendapatan utamanya berasal dari ekosistem Gojek.

Perhitungan Nadiem berdasarkan 100 ribu restoran dan warung di 50 kota yang bermitra dengan Gojek. Selain itu, Gojek juga telah memiliki sekitar 500 ribu mitra pengemudi.

“Meskipun mitra, tapi secara indirect adalah employer di Indonesia sekarang. Lebih besar dari perusahaan swasta lainnya untuk bisa menafkahi,” kata Nadiem di Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (26/10).

Nadiem mengatakan, meskipun banyak isu penolakan dari angkutan konvensional, namun kenyataannya jumlah transportasi online terus bertambah. Saat ini, kata Nadiem, jumlah transportasi online di Indonesia sudah mencapai satu juta unit. Sementara, jumlah taksi hanya sebesar 50 ribu taksi dan 200 ribu mikrolet.

(Baca juga: Tiga Bulan Lagi Go-Pay Jadi Alat Pembayaran E-commerce di Luar Gojek)

“Jadi sebenarnya industri transportasi perorangan di Indonesia sudah hampir seluruhnya online. Jadi itu sebuah transisi yang terjadi sangat pesat, tapi menciptakan ruang pekerjaan yang begitu besar,” kata Nadiem.

Nadiem pun mengklaim jika rata-rata pendapatan para pengemudi yang bermitra dengan Gojek mencapai Rp 4 juta. Menurut Nadiem, angka tersebut lebih tinggi bahkan dari upah minimum regional (UMR) DKI Jakarta yang sebesar Rp 3,3 juta.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...