Jumlah Wilayah Kerja Migas Terus Berkurang Akibat Kontraktor Duafa

Anggita Rezki Amelia
27 Oktober 2017, 16:41
Rig
Katadata

Sejak awal tahun hingga akhir September 2017, jumlah wilayah kerja minyak dan gas bumi (migas) di Indonesia terus berkurang. Penyebabnya beberapa kontraktor mengembalikan wilayah kerjanya karena tidak memiliki dana.

Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi mengatakan hingga kuartal III tahun 2017, jumlah wilayah kerja yang ada hanya 264. Rinciannya  87 wilayah kerja eksploitasi, 126 wilayah kerja eksplorasi, dan wilayah kerja non konvensional. 

Advertisement

Angka tersebut memang lebih rendah dari periode September lalu yang masih ada 277 wilayah kerja. Bahkan tahun lalu bisa mencapai 280 wilayah kerja.

Menurut Amien, kontraktor yang mengembalikan blok tersebut  karena tidak mampu menyelesaikan komitmen eksplorasinya. “Sebagian wilayah kerja juga kontraktor kontrak kerja samanya masuk kategori kelas duafa, sehingga  tidak punya dana sehingga untuk melakukan komitmennya sampai eksplorasi berakhir," kata dia pada konferensi pers di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (17/10).

Saat ini 264 wilayah kerja ini pun terancam akan berkurang lagi. Ini karena ada 40 wilayah kerja yang sedang dalam proses pengembalian ke negara.

Dari data SKK Migas, jumlah Wilayah kerja migas terus menyusut dalam beberapa tahun terakhir. Tahun 2013 jumlah blok migas bisa mencapai 321 wilayah kerja. Ini merupakan jumlah wilayah kerja terbanyak sepanjang 15 tahun terakhir.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement