Berkat Restrukturisasi Kredit, Bank Permata Cetak Laba di Kuartal III

Miftah Ardhian
27 Oktober 2017, 11:52
Bank permata
Katadata | Arief Kamaludin

PT Bank Permata Tbk telah berhasil mencapai kinerja yang positif sepanjang periode kuartal III-2017. Tercatat, bank tersebut telah membukukan laba bersih sebesar Rp 708 miliar, dari rugi Rp 1,23 triliun pada periode yang sama tahun lalu. Pencapaian ini diklaim sebagai keberhasilan perseroan meningkatkan kualitas aset melalui restrukturisasi dan kedisiplinan dalam pengelolaan biaya.

Direktur Utama Bank Permata Ridha DM Wirakusumah mengatakan selama tiga kuartal berturut-turut, pihaknya telah berhasil menorehkan kinerja yang cukup positif. Perbankan Grup Astra ini akan terus menjaga profitabilitas dan pertumbuhan yang berkelanjutan, dengan modal yang kuat dan neraca keuangan yang lebih sehat.

Advertisement

"Strategi kami untuk meningkatkan kualitas aset dan penguatan manajemen risiko akan memposisikan pertumbuhan Bank ke depan," ujar Ridha dalam keterangan resminya, Kamis (26/10).

Berdasarkan laporan keuangan kuartal III-2017, pendapatan operasional Bank Permata sebenarnya mengalami penurunan cukup tipis. Dari Rp 6,28 triliun pada kuartal III tahun lalu, menjadi Rp 6,19 pada kuartal III tahun ini. Meski begitu, perseroan berhasil membalikkan keadaan dari rugi menjadi laba pada tahun ini. 

Laba bersih yang berhasil dicatatkan Bank Permata utamanya disokong oleh beban operasional yang menurun. Tercatat, beban operasional Bank Permata pada kuartal III-2017 sebesar Rp 5,28 triliun, turun 33 persen dibandingkan kuartal III-2016 yang mencapai Rp 7,92 triliun.

Ridha menjelaskan, Bank Permata tengah melakukan penguatan manajemen risiko yang menyebabkan penyaluran kredit menjadi lebih rendah dibandingkan kuartal III-2016. Tepatnya turun sebesar 17 persen secara tahunan (year on year/yoy). Namun, penyaluran kredit di unit usaha Syariah berhasil tumbuh sebesar 16 persen.

Meski secara total tidak terjadi pertumbuhan kredit dibanding tahun lalu, Bank Permata telah mulai menunjukkan perbaikan yang positif pada kredit dan dana pihak ketiga di bulan terakhir di kuartal ketiga 2017. Pertumbuhan kredit dikontribusi oleh KPM, KPR, SME dan kredit korporat (wholesale banking).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement