KSSK: Sistem Keuangan Stabil, Satu Bank Keluar dari Kategori Sistemik

Desy Setyowati
31 Oktober 2017, 21:21
Layanan bank
Arief Kamaludin|KATADATA

Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) menyimpulkan stabilitas sistem keuangan pada kuartal III 2017 dalam kondisi normal. Bahkan, satu bank dinyatakan keluar dari daftar bank berdampak sistemik. Penyebabnya, menyusutnya ukuran bank dan hapus buku kredit bermasalah yang dilakukan bank dalam jumlah besar.

"Satu bank keluar dari risiko sistemik. Ini ada faktor karena size bank itu memang menurun. Bank itu (juga) telah hapus buku (kredit bermasalah) cukup besar maka yang tadinya sistemik, menjadi tidak," kata Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santosodi Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta, Selasa (31/10).

(Baca juga: OJK Proyeksikan Rasio Kredit Macet Perbankan di Bawah 2% pada 2018)

Sebelumnya, KSSK melansir terdapat 12 bank yang masuk dalam kategori bank berdampak sistemik. Adapun penetapan bank berdampak sistemik berdasarkan sejumlah pertimbangan, di antaranya besarnya ukuran (size) suatu bank, tingginya kompleksitas produk, dan besarnya interkoneksinya dengan industri keuangan.

Namun, menurut Wimboh, OJK juga mengindikasikan adanya beberapa bank yang mendekati kriteria berdampak sistemik. Maka itu, OJK memantau bank-bank tersebut secara ketat untuk mengantisipasi risikonya terhadap stabilitas sistem keuangan.

"Bank-bank ini kami monitor meski tidak dalam kondisi sistemik. Kami monitor secara khusus seperti sistemik. Maka kalau ada risiko bisa kami tangkap lebih dini," ucapnya. (Baca juga: Kondisi Bank Membaik, OJK Perketat Lagi Aturan Restrukturisasi Kredit)

Sementara itu, Ketua KSSK yaitu Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memaparkan, secara keseluruhan stabilitas sistem keuangan masih terjaga ditopang oleh fundamental ekonomi yang baik dan persepsi pelaku pasar yang positif terhadap perekonomian Indonesia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...