Pertamina Ingin Vivo Juga Jual Premium di Luar Jakarta

Arnold Sirait
31 Oktober 2017, 12:03
BBM SPBU
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Pertamina (Persero) tidak terganggu dengan kehadiran Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) milik PT Vivo Energy Indonesia. Bahkan perusahaan pelat merah ini menyambut baik jika SPBU Vivo juga ikut menyalurkan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium dan Solar di seluruh Indonesia.

Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito mengatakan perusahaannya akan sangat terbantu jika SPBU Vivo juga menyalurkan Premium dan Solar di daerah terdepan, terluar dan tertinggal. “Jangan hanya di Jakarta saja,” kata dia kepada Katadata, Senin (30/10).

Advertisement

Saat ini memang hanya Pertamina yang mendapatkan penugasan Bahan Bakar Minyak (BBM) Satu Harga. Ini sesuai surat keputusan Kepala BPH Migas Nomor 23/P3JBT/BPH Migas/KOM/2016 tentang penugasan badan usaha untuk melaksanakan penyediaan dan pendistribusian jenis BBM tertentu pada 2017.

Dalam surat itu, AKR mendapatkan kuota Solar 300 ribu kiloliter (KL). Sedangkan Pertamina memperoleh kuota Solar 15,7 juta KL dan minyak tanah 610 ribu KL.

Selain BBM jenis tertentu, Pertamina juga mendapat tugas mendistribusikan BBM jenis khusus penugasan yakni Premium. Jika mengacu surat keputusan Kepala BPH Nomor 22/P3JBKP/BPH Migas/Kom/2016, Pertamina memperoleh kuota volume Premium sebanyak 12,5 juta KL.

Adapun, saat ini SPBU VIVO memang hanya berada di Cilangkap, Jakarta Timur. Adapun produk yang dijual pendatang baru itu adalah Revvo 89 dengan kadar oktan 89.  Vivo mematok Revvo 89 dengan harga Rp 6.100 per liter untuk produk itu. Harga jualnya lebih murah Rp 350 per liter dibandingkan harga Premium di Pulau Jawa, Madura, Bali.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement