Holding BUMN Perbankan Akan Dorong Penyaluran KPR BTN

Miftah Ardhian
2 November 2017, 20:13
btn-bank-tabungan-negara-2.jpg

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan, pembentukan perusahaan induk atau holding perbankan secara tidak langsung akan mendukung program sejuta rumah. Sebab, holding ini akan membantu PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk meningkatkan penyaluran Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

BTN sebagai bank milik negara memang mengkonsentrasikan diri dalam penyaluran Kredit Pemilikan Rumah (KPR). "Kalau digandakan kemampuan pembiayaannya kan artinya modalnya harus naik,” ujar Rini saat wawancara khusus dengan Tim Katadata, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (2/11) lalu.

Advertisement

Rini menjelaskan, kemampuan pembiayaan BTN pertahunnya hanya sekitar 500 ribuan rumah. Oleh karenanya, Rini mengkhawatirkan Rasio kecukupan modal (Capital to Adecuacy Ratio/CAR) BTN apabila pemerintah memaksa melakukan pembiayaan hingga satu juta rumah. “Sekarang belum (mepet), tapi kalau saya mau dorong untuk double, ya mepet (CAR nya)," ujarnya.

(Baca juga: BUMN Harus Mengerjakan Proyek yang Tak Diminati Swasta)

Rini menekankan, dengan membentuk sebuah holding, maka, gabungan perbankan dan lembaga keuangan di dalamnya bisa mencari pendanaan untuk disuntikkan ke BTN. Pembentukan holding, menurut Rini, juga akan membuat BUMN menjadi lebih mandiri karena tidak lagi memberatkan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) melalui Penyertaan modal Negara (PMN).

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement