Sebanyak 3.709 orang Lolos CPNS Kementerian Keuangan

Penulis: Desy Setyowati

Editor: Yuliawati

2/11/2017, 16.26 WIB

Kemenkeu meloloskan CPNS berdasarkan jumlah kuota yang dibutuhkan lewat seleksi beberapa tahap.

PNS
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
PNS menari bersama saat peringatan HUT ke-45 KORPRI di Lapangan Monas, Jakarta, Selasa (29/11/2016).

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyatakan sebanyak 3.709 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) lolos tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) per 1 November 2017. Jumlah ini merupakan hasil seleksi dari 77.001 orang yang mendaftar proses administrasi CPNS.

Dari 77.001 orang tersebut, hanya 57.174 orang yang kemudian mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Dari jumlah yang mengikuti tes, hanya 12.822 yang lolos kualifikasi dan memenuhi ambang batas (passing grade) SKD.

"Kemudian disesuaikan dengan jumlah kuota atau formasi berdasarkan kualifikasi pendidikan sehingga ditetapkan yang lulus sebanyak 3.709 CPNS," kata  Sekretaris Jenderal Kemenkeu Hadiyanto saat konferensi pers di kantornya, Jakarta, Kamis (2/11).

(Baca: Seleksi CPNS Dianggap Curang, Ini Jawaban Sri Mulyani)

Jumlah hasil seleksi 3.709 PNS tersebut masih akan ditambah dengan 275 orang yang belum menyerahkan data dan berasal dari lokasi yang sama yakni Medan, Sumatera Utara.

"Nanti akan ada tambahan, 275 yang akan kami verifikasi dan kami umumkan kira-kira berapa (yang lolos)," kata Hadiyanto saat konferensi pers di kantornya, Jakarta, Kamis (2/11).

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) Iwan Hermanto menjelaskan, 275 CPNS yang lulus tersebut akan diseleksi lagi sesuai proses untuk memenuhi formasi yang ditentukan.

(Baca juga: Pegawai Pajak Kelebihan Beban Kerja, Sri Mulyani Cari 1.721 PNS Baru)

"Intinya dari data tambahan ini tidak akan mengurangi hak yang sudah diumumkan (3.709 CPNS). Sebanyak 275 ini akan di-assest dengan mekanisme passing grade dan formasinya. Ini pengumuman susulan karena keterlambatan data di satu wilayah," ujar Hadiyanto.

Selain itu, akan ada tambahan CPNS yang merupakan lulusan universitas yang mendapat predikat cum laude,  latarbelakang disabilitas, dan yang berasal dari Papua dan Papua Barat. Semua CPNS akan diproses sesuai formasi latar belakang pendidikan yang dibutuhkan Kemenkeu.

Kemenkeu resmi mengumumkan hasil ujian dan nama-nama peserta yang lolos SKD pada Selasa, 31 Oktober 2017. Pemberitahuan kelulusan ini berdasarkan Surat Pengumamn Nomor: PENG-12/PANREK/2017 tentang Hasil Seleksi Kompetensi Dasar dan Pelaksanaan Psikotes dalam Rangka Rekrutmen CPNS di Lingkungan Kementerian Keuangan Tahun Anggaran 2017.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan