Berulangkali Jawab Tidak Tahu, Setnov Ditegur Hakim di Sidang e-KTP

Dimas Jarot Bayu
3 November 2017, 16:45
Setya Novanto
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak
Ketua DPR Setya Novanto menjadi saksi dalam sidang korupsi e-KTP di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jumat (3/11).

Ketua DPR RI Setya Novanto kerap berkilah dari seluruh pertanyaan yang diajukan hakim maupun jaksa saat pemeriksaannya di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Jumat (3/11).  Setnov yang berulangkali menjawab tidak tahu, mendapat teguran dari Ketua Majelis Hakim John Halasan Butarbutar.  

Setya Novanto hadir di persidangan sebagai saksi untuk terdakwa Andi Agustinus alias Andi Narogong dalam sidang kasus korupsi pengadaan KTP berbasis elektronik (e-KTP). Dia hadir di persidangan setelah dua kali mangkir.  

Advertisement

Selama di persidangan Setya Novanto menegaskan dirinya tidak terlibat dalam kasus korupsi yang merugikan negara sebesar Rp 2,3 triliun tersebut. Dia pun mengatakan tidak menikmati aliran dana dalam korupsi proyek tersebut.

"Ya ini fitnah yang sangat kejam yang dilakukan pihak-pihak yang selalu menyudutkan saya. Tidak benar," kata Novanto.  (Baca: KPK Tanggapi Serius Foto Viral Novanto dengan Monitor EKG Tak Bergerak)

Hampir seluruh pertanyaan yang terlontar dari hakim dan jaksa di persidangan, dijawab Setya Novanto dengan menyebut "tidak tahu" dan "tidak benar".  Jawaban tidak tahu Setnov dimulai sejak mendapatkan pertanyaan mengenai pesan yang dititipkannya kepada mantan Sekretaris Jenderal Kemendagri Diah Anggraini.

Dalam kesaksian Diah di persidangan e-KTP beberapa waktu lalu, disebutkan Setnov berpesan kepadanya agar menyampaikan kepada Dirjen Dukcapil Irman untuk tidak menyebut nama Novanto saat diperiksa penyidik KPK. "Tidak benar yang mulia," kata Novanto.

Novanto juga membantah perihal pertemuannya bersama Diah, Irman, Sugiharto, dan Narogong di Hotel Gran Melia, Jakarta pada 2011 lalu sekitar pukul 06.00 WIB. Padahal, saksi lainnya mengakui adanya pertemuan tersebut.

"Tidak benar. Seperti BAP dan dalam sidang yang lalu," kata Novanto. (Baca: KPK Akan Gunakan Putusan MK Lawan Hasil Praperadilan Setnov)

Novanto berdalih jika pertemuan pukul 06.00 WIB itu tidak mungkin dilakukan. "Saya belum pernah datang karena jam 06.00 WIB belum buka. Jadi enggak benar saya melakukan pertemuan," ucap Novanto.

Novanto juga mengaku tidak mengenal beberapa nama pengusaha yang ikut serta dalam proyek e-KTP, seperti Paulus Tannos, Johannes Marliem, Vincent Cousin, Anang Sugiana Sudihardjo. "Tidak kenal," kata Novanto.

Novanto juga membantah ucapan rekannya di Golkar, Ade Komaruddin. Akom sebelumnya menyebut bahwa dirinya sempat mengingatkan Novanto melalui Abu Rizal Bakrie ketika kasus e-KTP menjadi masalah.

"Yang jelas saya sebagai Ketua Fraksi kami biasanya bicara program ke depan berkaitan masalah fraksi. Tidak pernah Pak Ade tanyakan soal itu," kata Novanto.

(Baca: Ganjar Pernah Diminta Setya Novanto Tak Galak Bahas Proyek e-KTP)

Majelis hakim pun mengonfirmasi Novanto terkait keterangan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ketika bersaksi di persidangan sebelumnya. Ganjar yang ketika itu merupakan mantan Wakil Ketua Komisi II DPR RI menyebut jika dirinya pernah bertemu Novanto di Bandara Ngurah Rai, Bali medio 2010-2011.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement