Dorong Ekspor UKM, Lazada Kembangkan Logistik Asia Tenggara

Michael Reily
3 November 2017, 15:30
Lazada
Katadata
Voucher belanja Lazada Indonesia yang dibagikan gratis dengan 3000 balon di Silang Monas Jakarta, Senin, (23/03/2015).

Lazada akan mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar bisa mengekspor produk melalui platform-nya. Untuk memuluskan rencana itu, Lazada tengah mengurus izin untuk membentuk jaringan logistik di Asia Tenggara.

“Kami sudah dalam proses, masing-masing negara punya regulasi yang berbeda-beda,” kata Chief Financial Officer Lazada Indonesia Sandy Permadi kepada Katadata di Jakarta, Jumat (3/11).

Advertisement

Kendala regulasi menyebabkan Sandy belum bisa memberikan estimasi waktu penyelesaian jaringan logistik yang menyangkut masalah kepabeanan, hingga infrastruktur gudang hingga jalinan kerja sama dengan jasa kurir. Yang pasti, Lazada menargetkan jaringan ini akan memudahkan pengiriman produk ke enam negara di Asia Tenggara dan Tiongkok.

(Baca juga:  BCA Salurkan KUR bagi Penjual di Lazada)

Menurut Sandy, Lazada butuh dukungan dari banyak pihak. “Terutama pemerintah di luar, ini kan usaha kolektif dari Lazada,” ujarnya.

Sandy mengungkapkan potensi e-commerce Indonesia merupakan yang terbesar di Asia Tenggara. “Sehingga wajar kalau persaingannya ketat,” tuturnya.

Meski begitu, dalam melakukan penetrasi e-commerce kepada masyarakat, Sandy mengungkapkan edukasi konsumen juga harus dilakukan. Dengan begitu, pembangunan industri yang dilakukan sektor UMKM akan berhasil.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement