Produksi Lapangan Bukit Tua Lampaui Target

Penulis: Anggita Rezki Amelia

Editor: Arnold Sirait

3/11/2017, 16.44 WIB

"Ini memenuhi target, jadi lebih ke performance dari sumurnya sendiri," kata Andiono.

Rig Minyak
Katadata

Produksi minyak dan gas bumi (migas) Lapangan Bukit Tua, Blok Ketapang, Jawa Timur selama sembilan bulan pertama tahun ini berhasil mencapai target. Ini karena kondisi sumur migas yang bagus sehingga bisa menjaga produksi blok yang dikelola perusahaan asal Malaysia, Petroliam Nasional Berhad (Petronas).

Senior Manager Corporate Affairs & Administration Petronas Carigali Indonesia Andiono Setiawan mengatakan sejak awal Januari hingga akhir September 2017, rata-rata produksi minyak mencapai 17 ribu barel per hari (bph). Padahal target perusahaan hanya 16.200 bph.

Selain minyak, produksi gas juga berhasil lampaui target. Sejak awal tahun hingga kuartal III ini produksi gas sebesar 37 Juta kaki kubik per hari (mmmscfd). Adapun target yang ditetapkan tahun ini adalah 29 mmscfd. "Ini memenuhi target, jadi lebih ke performance dari sumurnya sendiri," kata Andiono kepada Katadata, Rabu (1/11).

Saat ini Petronas mengebor dua sumur pengembangan di lapangan Bukit Tua. Pengeboran ini sudah berlangsung sejak September lalu untuk mempertahankan produksi yang ada saat ini. Targetnya, dua sumur tersebut bisa mulai berproduksi awal Januari mendatang. 

Dengan pengeboran dua sumur ini harapannya bisa menambah produksi minyak sebesar 4.000 bph. "Produksi diharapkan di akhir bulan Januari 2017, sekarang  masih berlangsung proses pengeborannya," kata Andiono.

Sementara itu, Petronas menargetkan tahun depan lapangan bukit tua sudah bisa mencapai puncak produksinya. Adapun, puncak produksi tersebut ditargetkan 20.000 bph untuk minyak dan gas 50 mmscfd.

Lapangan Bukit Tua merupakan proyek hulu migas terbesar Petronas di Indonesia. Investasinya mencapai US$ 800 juta. Di blok ini, Petronas menjadi operator dan memiliki hak kelola sebesar 80%. Pemegang hak kelola lainnya adalah PT Saka Ketapang Perdana, anak Usaha PT Perusahaan Gas Negara (Persero)/PGN Tbk.

(Baca: Petronas Siap Kucurkan US$ 80 Juta untuk Mengebor 2 Sumur di Bukit Tua)

Berdasarkan situs resmi Petronas, Lapangan Bukit Tua berjarak 35 km di Utara lepas pantai Pulau Madura. Berada di kedalaman air 57 meter (187 kaki) Di Blok Ketapang. Lapangan ini ditemukan pada April 2001 lalu dengan pengeboran sumur Bukit Tua-1 sampai kedalaman sekitar 6.500 kaki. Seluruh lapangan diperkirakan mengandung cadangan minyak 65 juta barel dan gas 110 miliar kaki kubik (bcf). 

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan