Satgas Pangan Awasi Harga Bahan Pokok Jelang Natal

Michael Reily
3 November 2017, 09:55
enggar
ANTARA FOTO/Agus Bebeng
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyampaikan pemaparannya dalam kunjungan kerjanya ke Bandung, Jawa Barat, Kamis (4/5).

Pemerintah berkomitmen untuk menjaga pasokan dan harga bahan pokok menjelang Hari Raya Natal 2017. Satuan Petugas (Satgas) Pangan kembali dikerahkan guna meneruskan klaim sukses Lebaran lalu.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyatakan spekulasi penahanan pasokan bahan pokok kerap terjadi menjelang hari raya sehingga menyebabkan kelangkaan. "Sebelum hari raya ada kecenderungan kenaikan harga," kata Enggar di Auditorium Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis (2/11).

Advertisement

Ia juga mengundang seluruh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan dari setiap provinsi yang ada di Indonesia. Komoditas yang diberikan prioritas adalah beras, gula dan minyak goreng yang sudah ditetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET). Selain itu, bahan pokok yang menjadi kebutuhan pada perayaan juga diutamakan.

Menurut Enggar, peningkatan kebutuhan bahan pokok saat Natal biasanya tidak setajam Lebaran. Meski begitu, Satgas Pangan tetap memantau stok dan harga bahan pokok, terutama di wilayah timur Indonesia.

(Baca juga: Kemenhub Klaim Tol Laut Turunkan Harga Barang Hingga 20%)

"Papua, Sulawesi, Nusa Tenggara, dan Maluku kami berikan perhatian khusus. Daerah wisata seperti Bali dan Jawa juga tetap akan kami lihat karena ada liburan," jelasnya.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement