Fasilitas Produksi Lapangan Kedung Keris Mulai Dibangun Awal 2018

Anggita Rezki Amelia
8 November 2017, 19:32
Blok Cepu
Katadata
Blok Cepu

PT Pertamina EP Cepu (PEPC) menyatakan pembangunan fasilitas produksi lapangan Kedung Keris di Blok Cepu bisa dimulai awal tahun depan. Ini dilakukan untuk mengejar target produksi pertama (onstream) Lapangan Kedung Keris pada 2019 mendatang.

Direktur Utama PEPC Adriansyah mengatakan saat ini proses pengadaan untuk membangun fasilitas produksi Lapangan Kedung Keris masih berjalan. Fasilitas produksi yang dibangun tidak sebesar Lapangan Banyu Urip.

Fasilitasnya hanya sebatas pembagunan pipa (pipeline). Nantinya, minyak bumi yang dihasilkan dari Lapangan Kedung Keris akan melewati pipa tersebut untuk diproses di fasilitas produksi yang sudah ada (existing) di Lapangan Banyu Urip yang tidak jauh dari lapangan tersebut.

(Baca: SKK Migas Setujui Tambahan Cadangan Banyu Urip Jadi 729 Juta Barel)

"Proyek pembangunan pipa akan dimulai awal tahun depan, diharapkan mulai onstream pada 2019," kata Adriansyah kepada Katadata, Rabu (8/11). PEPC menyiapkan belanja modal untuk proyek tersebut sebesar US$ 114 juta atau sekitar Rp 1,54 triliun

Saat ini pengerjaan proyek tersebut tengah memasuki tahapan pembangunan awal. Beberapa diantaranya adalah pengerjaan pembangunan jalan dan bangunan pendukung lainnya untuk menunjang kegiatan proyek. 

Berdasarkan rencana pengembangan lapangan (Plan of Development/PoD) yang telah disetujui SKK Migas, produksi minyak Lapangan Kedung Keris ditargetkan sebesar 5.000 barel per hari (bph). Namun, PEPC berupaya untuk meningkatkan produksinya hingga dua kali lipat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...