Setnov Beberkan Alasan Golkar Dukung Ridwan Kamil di Pilgub Jabar

Dimas Jarot Bayu
9 November 2017, 17:59
Ridwan Kamil
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto menyerahkan rekomendasi kepada Ridwan Kamil dan Daniel Muttaqien sebagai Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Jawa Barat di Kantor DPP Partai Golkar, Kamis (9/11).

Partai Golkar resmi mengusung Ridwan Kamil dan Daniel Mutaqien untuk maju sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur dalam ajang pemilihan kepala daerah Jawa Barat (Jabar) 2018. Surat keputusan rekomendasi diserahkan Ketua Umum Golkar Setya Novanto kepada keduanya di DPP Golkar, Jakarta, Kamis (9/11).

"Saya selaku Ketua Umum DPP Partai Golkar menyerahkan surat pencalonan Ridwan Kamil sebagai gubernur dan Daniel Mutaqien sebagai calon wakil gubernur Provinsi Jawa Barat," kata Novanto.

Setnov mengatakan, keputusan mengusung Emil -sapaan Ridwan Kamil- dan Daniel dalam Pilkada Jawa Barat telah melalui kajian mendalam. Golkar melihat Emil cukup potensial untuk memenangkan Pilkada Jawa Barat.

Emil kerap menempati posisi pertama dalam berbagai survei Pilkada Jabar. Novanto menyebut nilai elektabilitas, akseptabilitas, serta segi sosial dan kultur Emil selalu yang tertinggi. "Bagi masyarakat Jawa Barat, Kang Emil adalah ikon dan sosok pemimpin yang dicintai rakyat karena prestasi dan terobosan memajukan kota Bandung," kata Novanto.

Novanto menyebut pemilihan Emil sebagai calon gubernur Jawa Barat merupakan strategi untuk bisa memenangkan peta politik nasional. Sebab, Jawa Barat merupakan wilayah yang strategis bagi Golkar.

"Jawa Barat merupakan daerah yang sangat penting dan strategis. Jawa Barat merupakan lumbung suara sehingga siapa yang memenangkan Jawa Barat akan bisa memenangkan secara nasional, baik Pileg maupun Pilpres," kata Novanto.

(Baca: Tepis Rumor Maju Pilkada Jabar, Susi: Di Bandung Tak Ada Laut)

Adapun Novanto menyebut Daniel merupakan kader muda Golkar yang dapat menggarap generasi milenial. Selain itu, Daniel juga dinilai dapat menambah suara signifikan di wilayah Pantai Utara Jawa Barat.

Sebab, Daniel merupakan anggota DPR dari daerah pemilihan Indramayu. "Saya harapkan dapat menambah suara di Pantura," kata Novanto.

Novanto pun meminta agar kader Golkar di Jawa Barat ikut mendukung pemenangan Emil-Daniel. "Saya sangat percaya seluruh kader Golkar di Jawa Barat akan selalu menunjukkan loyalitas dan dedikasi," ucap Novanto.

Menerima rekomendasi ini, Emil pun berterima kasih atas dukungan Golkar. Menurut Emil, proses pengusungan dirinya oleh Golkar merupakan sesuatu yang terbaik.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...