6 Festival Belanja Online Akhir Tahun bagi Para Pemburu Diskon

Michael Reily
10 November 2017, 17:53
Lazada e-commerce
Arief Kamaludin|KATADATA

Berburu diskon di mal konvensional maupun virtual bisa sama mengasyikkannya. Namun jika Anda enggan bermacet-macet menuju pusat perbelanjaan lalu berdesakan berebut item idaman secara langsung, mungkin belanja online melalui e-commerce kepercayaan bisa jadi pilihan yang lebih tepat.

Menjelang tutup tahun, berbagai e-commerce seolah berlomba menggelar festival belanja. Aneka diskon ditawarkan untuk menggenjot penjualan.

Advertisement

ShopBack melakukan riset dengan menggunakan Google Adword Keyword menemukan 6 festival belanja online terbesar di Indonesia, juga kaitannya dengan para pengaruh besar Tiongkok dan Amerika Serikat. Berikut daftarnya:

1. Single's Day - 11 November

Istilah Single's Day dimulai pada 1990 di Tiongkok sebagai acara sekolah bagi para lajang yang ingin mencari pasangan. Adalah Alibaba.com yang kemudian mengadaptasi Single's Day sebagai Online Sale pada 2009. Secara global, transaksi Single's Day mencapai US$ 17,8 miliar pada tahun lalu.

Tahun ini, beberapa e-commerce seperti Zalora dan Sociolla turut meramaikan Single's Day  di Indonesia. (Baca juga: Dorong Ekspor UKM, Lazada Kembangkan Logistik Asia Tenggara)

2. Online Revolution - 11 November

Pada tanggal yang sama, pencarian yang lebih populer di Indonesia kata kunci Online Revolution yang dipelopori oleh Lazada. Online Revolution pada 2016, total transaksi Lazada Indonesia mencapai US$ 40 juta.

Co-Chief Executive Officer Lazada Indonesia Florian Holm menjelaskan, Online Revolution Month pada 11 November hingga 12 Desember merupakan komitmen menghadirkan pengalaman belanja online terbaik bagi para konsumen. "Ini juga salah satu bentuk kontribusi kami bagi pertumbuhan ekosistem pereknomian digital di Indonesia," tutur Florian, Jumat (10/11).

3. Festival Belanja Online - 23-30 November

Tahun 2016, ada sekitar 75 e-commerce yang ikut Festival Belanja Online di Indonesia. Sejak 2014, diskon belanja yang ditawarkan dalam ajang ini mencapai 90%.

4. Black Friday - 24 November

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement