Asia Pasifik Bakal Jadi Kawasan Perdagangan Bebas pada 2020

Michael Reily
10 November 2017, 11:09
Apec 2017
ANTARA FOTO/REUTERS/Kham
Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc (tengah, depan) berdiri bersama menteri perdagangan negara APEC dalam pertemuan Menteri APEC Bertanggungjawab Untuk Perdagangan (APEC MRT 23) di Hanoi, Vietnam, Sabtu (20/5).

Negara-negara yang tergabung dalam Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) menargetkan Asia Pasifik menjadi wilayah perdagangan bebas pada 2020. Komitmen disepakati pada APEC Ministrial Meeting ke-29 di Vietnam, Rabu (8/11) lalu.

Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Kementerian Perdagangan Internasional Iman Pambagyo menyatakan, isu Free Trade Area of The Asia Pacific (FTAAP) menjadi fokus pembahasan.

“Persiapan kemungkinan realisasi FTAAP saat ini merupakan salah satu bentuk konsistensi APEC mendorong integrasi ekonomi di kawasan,” kata Iman dalam keterangan resmi, Jumat (10/11).

Menurutnya, perdagangan berbasis elektronik atau e-commerce perlu diantisipasi sebagai potensi menuju perdagangan bebas. Sebab, pemanfaatan perkembangan teknologi oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat meningkatkan kapasitas dan fasilitas yang dimiliki pengusaha untuk menerobos pasar regional dan global.

(Baca juga: Jokowi Targetkan Perdagangan dengan Vietnam Capai US$ 10 Miliar)

“Dengan berkembangnya e-commerce, maka kesempatan memasarkan produk bagi semua lapisan masyarakat termasuk UMKM semakin terbuka lebar,” jelas Iman.

Hanya, ia menekankan bahwa salah satu hal yang mesti diperhatikan adalah APEC harus saling berbagi praktik terbaik penguatan infrastruktur digital sebagai acuan untuk menerapkan kebijakan perdagangan yang adil dan menyejahterakan semua pihak.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...