Susi Pudjiastuti Terima Gelar Doktor Kehormatan dari ITS

Michael Reily
11 November 2017, 00:14
Doktoral Susi Pudjiastuti
Katadata

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjistuti menerima gelar Doktor Kehormatan atau Honoris Causa bidang manajemen dan sumber daya kelautan dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya. Ini merupakan kali kedua Susi menerima gelar Doktor Kehormatan, setelah tahun lalu dianugerahi oleh Universitas Diponegoro Semarang.

Penganugerahan gelar dilaksanakan pada acara puncak Dies Natalis ke-57 ITS, di Graha Sepuluh Nopember. Ketua tim promotor Ketut Buda Artana menyebut visi-misi dan program yang dicetuskan Susi sebagai pemimpin Kementerian Kelautan dan Perikanan cukup berhasil.

Susi dinilai berhasil menjamin keberlanjutan sumber daya perikanan dengan mencegah kegiatan eksploitasi yang berlebihan dan penangkapan yang merusak lingkungan. Selain itu, Susi juga dinilai mampu memberdayakan pulau-pulau kecil terluar, dan memberantas praktik penangkapan ikan ilegal.

(Baca juga:  Susi Bakal Bangun Museum Berjalan dari Kapal Rampasan Negara)

Susi pun berterima kasih kepada pihak ITS atas gelar kehormatan yang diberikan kepadanya. Ia berharap gelar yang diterima dapat mendorong dirinya bekerja lebih baik dalam mengelola kelautan dan perikanan Indonesia.

“Untuk kehidupan pribadi, sebenarnya saya tidak memerlukan gelar. Tetapi untuk profesional dan cinta saya kepada laut serta pertanggungjawaban saya sebagai pejabat negara, legitimasi ini sangat penting untuk meneruskan public policy yang dibuat oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk diteruskan dan dilaksanakan oleh bangsa kita,” kata Susi dalam keterangan resmi dari Surabaya, Jumat (10/11).

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...