Susi Pudjiastuti Terima Gelar Doktor Kehormatan dari ITS

Penulis: Michael Reily

Editor: Pingit Aria

11/11/2017, 00.14 WIB

Sebagai pejabat negara, Susi merasa perlu memiliki gelar akademik sebagai legitimasi atas kebijakan yang diambilnya.

Doktoral Susi Pudjiastuti
Katadata

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjistuti menerima gelar Doktor Kehormatan atau Honoris Causa bidang manajemen dan sumber daya kelautan dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya. Ini merupakan kali kedua Susi menerima gelar Doktor Kehormatan, setelah tahun lalu dianugerahi oleh Universitas Diponegoro Semarang.

Penganugerahan gelar dilaksanakan pada acara puncak Dies Natalis ke-57 ITS, di Graha Sepuluh Nopember. Ketua tim promotor Ketut Buda Artana menyebut visi-misi dan program yang dicetuskan Susi sebagai pemimpin Kementerian Kelautan dan Perikanan cukup berhasil.

Susi dinilai berhasil menjamin keberlanjutan sumber daya perikanan dengan mencegah kegiatan eksploitasi yang berlebihan dan penangkapan yang merusak lingkungan. Selain itu, Susi juga dinilai mampu memberdayakan pulau-pulau kecil terluar, dan memberantas praktik penangkapan ikan ilegal.

(Baca juga:  Susi Bakal Bangun Museum Berjalan dari Kapal Rampasan Negara)

Susi pun berterima kasih kepada pihak ITS atas gelar kehormatan yang diberikan kepadanya. Ia berharap gelar yang diterima dapat mendorong dirinya bekerja lebih baik dalam mengelola kelautan dan perikanan Indonesia.

“Untuk kehidupan pribadi, sebenarnya saya tidak memerlukan gelar. Tetapi untuk profesional dan cinta saya kepada laut serta pertanggungjawaban saya sebagai pejabat negara, legitimasi ini sangat penting untuk meneruskan public policy yang dibuat oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk diteruskan dan dilaksanakan oleh bangsa kita,” kata Susi dalam keterangan resmi dari Surabaya, Jumat (10/11).

Susi berharap penghargaan yang baru diterimanya memicu masyarakat Indonesia semakin menyadari pentingnya menjaga keberlanjutan kelautan dan perikanan Indonesia. “Saya terharu ketika berorasi karena saya ingat anak saya dan Ibu Bapak. Saya pikir apabila kamu berbuat hal baik, apresiasi itu akan datang,” tutur Susi.

(Baca juga:  Susi Siap Tenggelamkan 92 Kapal Pencuri Ikan Bulan Depan)

Ia ingin masyarakat Indonesia memiliki kecintaan yang besar terhadap laut, sehingga kedaulatan dan keberlanjutan laut terjaga demi masa depan bangsa. Menurutnya, cita-cita terbesarnya adalah menjadikan laut seutuhnya milik bangsa Indonesia.

Bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan, Susi juga mengungkapkan definisi pahlawan menurut dirinya. “Pahlawan menurut saya adalah orang yang memberikan kerja, hidupnya, nyawanya, untuk memperjuangkan bangsa ini, memperjuangankan mimpi bangsa ini untuk merdeka dan berdaulat,” ujarnya.

Menurutnya, semangat kepahlawanan dapat dilakukan oleh seluruh bangsa, termasuk di sektor kelautan dan perikanan. Caranya dengan menghormati apa yang telah diberikan oleh para pahlawan pendahulu dengan ikut berkontribusi memajukan negeri.

Reporter: Michael Reily

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan