Roller Coaster Saham RIMO di Tangan Benny Tjokro

Asep Wijaya
14 November 2017, 09:59
Bursa saham
Katadata | Arief Kamaludin

Saham PT Rimo International Lestari Tbk (RIMO) jadi primadona belakangan ini di bursa saham, karena bergerak seperti roller coaster. Dua pekan setelah mencetak rekor tertinggi, harga sahamnya terus melorot tajam sampai sekarang. Fluktuasi harga saham perusahaan yang baru beralih fokus bisnis ini ditengarai tidak sekadar faktor prospek usahanya, tapi ada peran Benny Tjokro, investor kawakan yang kerap menjalankan modus sejenis.

Pada 27 Oktober lalu, harga saham emiten berkode RIMO ini mencapai rekor tertingginya Rp 660 per saham. Rekor itu diukir setelah selama sepekan harga sahamnya terus naik 38% dari Rp 478 per saham pada 18 oktober lalu.

Namun, sejak mencetak rekor Rp 660, harga saham RIMO malah melorot tajam. Sepekan berselamg, pada 6 November lalu, harga sahamnya cuma Rp 254 per saham atau turun 62%. Sehari kemudian, otoritas Bursa Efek Indonesia (BEI) membekukan perdagangan (suspend) saham ini karena tidak ada informasi yang cukup memadai untuk menjelaskan penurunan harga sahamnya.

Saat diperdagangkan kembali sehari setelah suspend, 8 November lalu, harga saham RIMO kembali turun 24,4% menjadi Rp 192 per saham. Alhasil, BEI kembali membekukan perdagangan sahamnya hingga saat ini dan meminta manajemen RIMO memberikan paparan publik.

Dalam paparan publiknya, Jumat lalu (10/11), manajemen RIMO mengaku tidak punya rencana aksi korporasi yang dapat mempengaruhi harga sahamnya. "Penurunan harga saham terjadi karena mekanisme pasar," kata manajemen RIMO.

Padahal, jika menilik laporan keuangan kuartal III-2017 RIMO yang kinclong, seharusnya investor memburu saham ini sehingga harganya naik. Penjualan perusahaan melonjak 2.600 kali lipat dibandingkan kuartal III-2016 menjadi Rp 247,08 miliar.

Sedangkan laba bersihnya mencapai Rp 116,43 miliar, berbalik 180 derajat dari rugi yang diderita pada periode sama 2016 sebesar Rp 2 triliun. Pencapaian itu didukung oleh peningkatan pendapatan lain-lain RIMO, yaitu bunga deposito Rp 13,8 miliar dan keuntungan investasi anak perusahaan Rp 62,95 miliar.

Peruntungan RIMO memang berubah tahun ini. Pada Maret 2017, perusahaan ini resmi mengubah haluan bisnisnya dari sektor retail ke properti dengan mengakuisisi PT Hokindo Properti Investama sebesar Rp 3,94 triliun. RIMO pun memiliki lini usaha yang terentang dari hulu ke hilir, yaitu pengembangan lahan, pembangunan properti, dan peretail bahan bangunan.

Untuk merealisasikan aksi korporasi itu, RIMO menerbitkan saham baru (rights issue) senilai Rp 4,1 triliun. Meski menimbulkan efek dilusi 99%, para pemegang saham eksisting RIMO tidak mengeksekusi haknya. Hampir seluruh saham baru itu diborong oleh Benny Tjokro selaku pembeli siaga (stand-by buyer). Kebetulan, Benny juga pemilik Hokindo.

Sejak itulah, harga saham RIMO bergerak naik dari Rp 260 per saham hingga level tertinggi Rp 660 per saham pada 27 Oktober lalu. Artinya, harganya naik lebih dua kali lipat dalam kurun tujuh bulan.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...