Darmin Klaim Pertumbuhan E-Commerce Sedot Pangsa Pasar Retail

Michael Reily
16 November 2017, 17:51
Logistik e-commerce
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Pekerja memilah paket barang di gudang logistik TIKI di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyatakan, pertumbuhan retail yang pada 2011-2015 yang mencapai 12,5% per tahun merosot akibat penetrasi ekonomi digital. Menurutnya, tahun lalu telah terjadi perlambatan pertumbuhan perdagangan dan retail menjadi hanya 10,5%.

Pertumbuhan e-commerce, oleh Darmin disebut telah menyedot pangsa pasar retail. "Kita tidak bisa pilih-pilih bahwa pasti ritel terpengaruh dengan perkembangan digital, ekonomi dengan alami menyesuaikan diri terhadap perkembangan teknologi," kata Darmin di Kantor Indosat Ooredoo, Jakarta, Kamis (16/11).

Advertisement

Ia mengungkapkan, pertumbuhan e-commerce juga melonjak 30 kali lipat selama 3 tahun terakhir. Meski, dari sisi jumlah belum cukup besar, namun pertumbuhannya signifikan. Sehingga, terjadi pergeseran jalur perdagangan dari offline ke online.

(Baca juga: Bukalapak Siap Susul Status Unicorn Tokopedia, Traveloka, dan Go-Jek)

Menurut Darmin, banyak pelanggan e-commerce membeli peralatan elektronik, perabot rumah tangga, dan tidak melulu barang konsumsi. Pola perubahan ini juga menuntut pemerintah untuk membuat regulasi yang tepat guna mendukung peralihan dari dominasi ekonomi berbasis komoditas ke manufaktur.

Salah satu kebijakan yang telah dibuat adalah Paket Kebijakan Ekonomi XIV tentang peta perjalanan perdagangan digital. Kemudian, ada Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2016 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif.

Darmin mengakui, hambatan untuk ekonomi digital adalah infrastruktur yang belum merata serta regulasi yang masih harus disesuaikan. Menurutnya, penggunaan ekonomi digital masih belum diarahkan ke sektor produktif. "Di sektor suplai, kita punya hambatan seperti talenta. Bukan hanya programmer, bahkan untuk coding saja kita keteteran," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement