Bangun Layanan Digital, Pegadaian Investasi Rp 500 Miliar

Miftah Ardhian
21 November 2017, 16:32
Logo Pegadaian 2.jpg

PT Pegadaian (Persero) bakal melakukan digitalisasi layanan untuk memudahkan transaksi nasabah. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan terus daya saing di tengah era perkembangan financial technology (fintech), termasuk hadirnya layanan gadai berbasis online seperti Pinjam.co.id.

Direktur Utama Pegadaian Sunarso menjelaskan, pihaknya sudah menyusun strategi guna menghadapi perkembangan teknologi khususnya di tahun 2018. "Strateginya digitalisasi proses bisnis yang dimaksudkan untuk mempercepat layanan," ujar Sunarso di Jakarta, Selasa (21/11).

Secara rinci, Sunarso menjelaskan, tahun depan Pegadaian akan meluncurkan aplikasi mobile yang bisa digunakan oleh nasabah melalui ponsel. Namun, Sunarso masih belum bisa menjelaskan lebih detil terkait mekanisme proses gadai melalui aplikasi tersebut.

(Baca juga: Pegadaian Targetkan Pertumbuhan Laba 8,7% Tahun Depan)

Selain itu, Pegadaian juga akan melakukan pengambangan layanan berbasis digital lainnya. Sunarso menjelaskan, dengan strategi ini, Pegadaian tidak akan agresif untuk membuka outlet-outlet baru. Pegadaian akan memanfaatkan external distribution channel via agen yang memenuhi syarat tertentu.

Lebih lanjut, Pegadaian juga akan melakukan standardisasi outlet, termasuk melakukan revitalisasi gudang dan fasilitas logistik yang menyimpan barang gadai. Terakhir, Pegadaian juga akan melakukan penguatan kapabilitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan budaya perusahaan.

Sementara itu, Direktur Operasi dan Pemasaran Pegadaian, Damar Latri Setiawan menjelaskan, ekspansi outlet oleh Pegadaian tidak akan berhenti total. Dirinya menjelaskan, Pegadaian tetap akan membangun outlet baru di daerah-daerah yang masih belum terjangkau untuk menjadi induk agen-agen di daerah tersebut.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...