Wamen ESDM Harap Xplorer.id Bantu Pengusaha Melihat Prospek Migas

Anggita Rezki Amelia
21 November 2017, 22:22
Peluncuran Xplorer.id
Katadata

Katadata.co.id bekerja sama dengan Geosains Delta Andalan (GDA) Consulting meluncurkan portal Xplorer.id, yang berisi informasi detail blok minyak dan gas bumi (migas) di Indonesia. Kehadiran portal online ini diharapkan membantu para pelaku industri untuk mendapatkan data-data mengenai hulu migas sehingga mendorong kegiatan eksplorasi dan investasi.

Peluncuran Xplorer.id ini dihadiri Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar, Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Suahasil Nazara serta Chairman dan Founder Bimasena Soebroto. Hadir juga Chief Executive Officer (CEO) Katadata Metta Dharmasaputra dan Direktur Eksekutif GDA Danil Hadi, serta para pelaku migas.

Dalam acara tersebut, Arcandra berharap Xplorer.id bisa membantu para pelaku industri migas. "Insya Allah akan membantu semua pihak, baik kementerian atau dunia usaha dalam melihat prospek data yang berhubungan dengan blok migas di Indonesia," kata dia saat acara peluncuran Xplorer.id di Dharmawangsa Jakarta, Selasa (21/11).

Sedangkan CEO Katadata Metta Dharmasaputra mengatakan, ide portal Xplorer.id sudah muncul sejak empat tahun silam. Ide itu dari usulan dan pemikiran sejumlah tokoh migas yang mendorong Katadata.co.id untuk menyediakan berbagai informasi migas yang berguna bagi pengembangan eksplorasi migas nasional.

“Tiga tokoh di antaranya adalah Mantan Wakil Menteri ESDM Susilo Siswoutomo, Mantan Direktur Jenderal Migas Wiratmaja Puja, dan mantan Anggota Dewan Energi Nasional Andang Bachtiar,” kata dia.

Ide itu kemudian terwujud ketika Katadata.co.id mendapatkan mitra dari tim GDA,  yang sejak lama berkecimpung di bidang analisis hulu migas. Dari sinilah portal ini mulai dibangun. Harapannya dapat ikut mendukung program pemerintah menggalakkan eksplorasi migas nasional.

(Baca: Kegiatan Pengeboran Sumur Eksplorasi Mulai Meningkat)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...