Campina Ice Cream Incar Dana Segar Rp 350 Miliar dari IPO

Miftah Ardhian
22 November 2017, 17:05
Potensi Pasar Modal
ANTARA FOTO/Agung M Rajasa

PT Campina Ice Cream Industry berencana melakukan Penawaran Saham Perdana (Initial Public Offering/IPO) sebanyak 885 juta lembar saham atau 15,04% dari modal yang ditempatkan dan disetor perusahaan. Adapun harga IPO yang akan ditetapkan di kisaran angka Rp 310-400 per lembar.

Presiden Direktur Campina Samudera Prawirawidjaja memproyeksikan perolehan dana segar sekitar Rp 350 miliar jika berhasil menjual sahamnya dengan harga tertinggi. "Kenapa kami percaya diri (IPO) karena dengan pengeluaran iklan yang tidak terlalu tinggi jika dibanding sebelah (kompetitor), tapi market share kami masih cukup besar, sekitar 20%" ujarnya saat konferensi pers, di Gedung UOB Thamrin, Jakarta, Rabu (22/11).

Advertisement

Adapun, dari total perolehan dana IPO ini, sebesar Rp 260 miliar akan digunakan untuk pelunasan utang pokok perusahaan. Memang, utang ini baru akan jatuh tempo pada tahun 2021, tetapi Campina memiliki hak untuk melunasinya, sehingga bisa mengefisiensikan pengeluaran sebesar Rp 40 miliar. Sedangkan sisanya akan digunakan untuk menambah modal kerja perusahaan untuk mengembangkan pabrik di Surabaya.

(Baca juga:  Akuisisi MatchMove Indonesia, M Cash Bisnis Dompet Elektronik)

PT Shinhan Sekuritas Indonesia telah ditunjuk sebagai Penjamin Pelaksana Emisi (underwriter) dalam IPO saham Campina ini yang rencananya akan dilangsungkan pada akhir Desember 2017.

Campina sendiri telah menyusun jadwal sementara proses IPO. Masa penawaran awal (book building) akan dilakukan pada 20-24 November 2017. Sementara, tanggal efektif diperoleh pada 6 Desember 2017. Kemudian, masa penawaran umum akan dilakukan pada 8, 11, dan 12 Desember 2017. Dengan demikian, tanggal pencatatan di BEI akan dilakukan pada 19 Desember 2017.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement